DETERMINAN PENGGUNAAN E-FILING : SURVEY PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI DKI JAKARTA

Chyntia Dewi, Ernie Riswandari, Theresia Hesti Bwarleling

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang penggunaan e-filing yang dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, persepsi resiko dan kepuasan wajib pajak. Menggunakan metode asosiatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi di wilayah DKI Jakarta yang melakukan pelaporan pajaknya sendiri melalui E-filing. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quota Sampling. Sampel dari populasi ini sejumlah 100 respondenyang didapatkan melalui hasil penyebaran  kuisioner. Hasil dari penelitian ini adalah kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan Efiling bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, sedangkan persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko, dan kepuasan tidak berpengaruh terhadap penggunaan E-filing bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Dalam penelitian ini, sebesar 66,5% variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas yang dipilih oleh penulis dan sisanya sebesar 33,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dipilih oleh penelti.

Keyword : Pajak, Kepercayaan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko, Kepuasan, E-filing

 

The purpose of this study is to find out about the use of e-filing which is influenced by the level of trust, perceived usefulness, perceived risk and taxpayer satisfaction. Using the associative method. The population in this study are all individual taxpayers in the DKI Jakarta area who do their own tax reporting through E-filing. The sampling technique used in this research is Quota Sampling. The sample of this population is 100 respondents who were obtained through the results of distributing questionnaires. The result of this research is that trust has an effect on the use of E-filing for individual taxpayers, while the perception of usefulness, risk perception, and satisfaction have no effect on the use of e-filing for individual taxpayers. In this study, 66.5% of the dependent variable was influenced by the independent variables chosen by the authors and the remaining 33.5% was influenced by other variables not selected by the researchers.

Keywords Tax, Trust level, Perceived Benefit, Perceived Risk, Satisfaction, E-filing


Full Text:

PDF

References


Arifin, Hadi Suprapto, Ikhsan Fuady, dan Engkus Kuswarno. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini, 21(1).

Devina, Shelby dan Waluyo. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kecepatan, Keamanan dan Kerahasiaan Serta Kesiapan Teknologi Informasi Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Tangerang, Kecamatan Karawaci. Jurnal Ultima Accounting, 8(1)

Junawan dan Kurnia Sari Damanik. (2018). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap

Kiftiyah, Nanik Nur Rosyidah, dan Herlina. (2018). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Keikutsertaan Pria dalam Keluarga Berencana di Desa Lengkong Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Jurnal Kebidanan, 4(1).

Mahmudah, Nurul dan Ely Kartikaningdyah. (2020). The Effect of Perception of Utilization, Perception of Easy of Use and Taxpayer Satisfaction on EFiling Use by Tax Payer. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 298.

Mangoting, Yenni. (2020). Perceived Risk, Perceived Functional Benefit, dan Kepuasan sebagai Penentu Intensi Berkelanjutan Wajib Pajak Menggunakan E-Filing. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 12(1).

Nurjannah. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kecepatan, Keamanan dan Kerahasiaan terhadap Penggunaan Fasilitas E-Filing Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online dan Realtime Bagi Wajib Pajak Badan Di Dumai. JOM Fekom, 4(1).

Pratama, Apri Paldi, Popi Fauziati, dan Herawati. (2016). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-filing (Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Padang). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta.

Riyandra, Mukhlizul Hamdi, dan Daniati Puttri. (2016). Pengaruh Trust, Perceived Ease Of Use (Peou) dan Information Quality terhadap Penggunaan EFiling (Studi Kasus pada KPP Pratama Padang Satu). Jurnal Fakultas Ekonomi, 9(1).

Saripah, Adriyanti Agustina Putri, dan Ranti Darwin. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filling Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di KPPPratama Pekanbaru Tampan Tahun 2015. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 6(2).

Saripah, Adriyanti Agustina Putri, dan Ranti Darwin. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filling Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di KPPPratama Pekanbaru Tampan Tahun 2015. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 6(2).

Syaninditha, Sang Ayu Putu dan Putu Ery Setiawan. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Faktor Sosial, dan Kondisi yang Memfasilitasi terhadap Minat Penggunaan E-Filing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1).

Wangsa, Rinda dan Baru Harahap. (2020). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kepuasan terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak di Kota Batam. Jurnal EMBA, 8(1).

Yunita, Nahla Rahma, Hadi Sumarsono, dan Umi Farida. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 3(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v1i2.3230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id