DAMPAK FLASH SALE COUNTDOWN TIMER DI MARKETPLACE ONLINE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI INTERVENING

Herlina Herlina, Julia Loisa, Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Flash Sale Countdown Timer merupakan bagian dari promosi produk di marketplace online eperti tokopedia, shopee, lazada biasanya letaknya di home menyajikan barang dalam bentuk flash sale yang telah diberikan diskon besar-besaran pada produk tertentu dalam waktu yang terbatas. Flash Sale Countdown timer merupakan layanan promosi menggiring konsumen pengunjung marketplace online untuk berpikir cepat melakukan pembelian selagi diskon besar-besaran dalam waktu terbatas.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 responden yang diambil secara exsidental. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)mengetahui apakah Flash Sale Countdown timer memiliki dampak pada minat beli konsumen, 2)mengetahui apakah Flash Sale Countdown timer memiliki  pada keputusan pembelian produk. 3)mengetahui apakah Flash Sale Countdown timer memiliki dampak pada keputusan pembelian jika minat beli sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini adalah  Flash Sale Countdown Timermemiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Kontribusi Flash Sale Countdown Timerdalam menjelaskan minat beli adalah sebesar 33,76% dan sisanya 66,245 dijelaskan oleh variabel lain 2) Flash Sale Countdown timer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan Kontribusi Flash Sale Countdowntimer dalam menjelaskan keputusan pembelian sebesar 43,1%  dan sisanya 56,9% dijelaskan oleh variabel lain. 3) Flash Sale Countdown timerpada keputusan pembelian dengan minat beli sebagai intervening memiliki pengaruh yang signifikan

Kata Kunci: Flash Sale Countdown timer, Minat Beli, Keputusan Pembelian.

 

Flash Sale Countdown Timer is part of product promotion in online marketplaces such as tokopedia, shopee, lazada, usually at home, presenting goods in the form of flash sales that have been given massive discounts on certain products for a limited time. Flash Sale Countdown timer is a promotional service that leads consumers who visit online marketplaces to think quickly about making purchases while having massive discounts for a limited time. This research is a type of quantitative research using regression analysis and correlation. The sample in this study were 85 respondents who were taken exsidentally. 1) knowing whether the Flash Sale Countdown timer has an impact on consumer buying interest, 2) knowing whether the Flash Sale Countdown timer has on product purchasing decisions. 3) determine whether the Flash Sale Countdown timer has an impact on purchasing decisions if purchase intention is an intervening variable. The result of this research is the Flash Sale Countdown Timer has a significant effect on consumer buying interest. And the contribution of Flash Sale Countdown Timer in explaining purchase intention is 33.76% and the remaining 66.245 is explained by other variables 2) Flash Sale Countdown timer has a significant effect on purchasing decisions. And the Contribution of Flash Sale Countdowntimer in explaining purchasing decisions is 43.1% and the remaining 56.9% is explained by other variables. 3) Flash Sale Countdown timer on purchasing decisions with buying interest as intervening has a significant effect

Keywords: Flash Sale Countdown timer, Purchase Interest, Purchase Decision


Full Text:

PDF

References


Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kotler, P. (2000). Marketing Management, The Millnennium Edition. Prentice Hall International, Inc.

Liang, T. P., & Lai, H. J. (2000). Electronic store design and consumer choice: an empirical study. Proceedings of the Hawaii International Conference on System Sciences, January 2000, 152. https://doi.org/10.1109/hicss.2000.926863

Liao, Z., & Tow, M. (2001). Internet-based e-shopping and consumer attitudes : an empirical study. 38, 299–306.

Maoyan, Zhujunxuan, & Sangyang. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science, 5(10), 92–97.

Martin dian, T. (2019). THE BOSS Best on SEO & SEM. Asosiasi Digital Marketing Indonesia.

Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6

Suhari, Y. (2010). E-Commerce : Model Perilaku Konsumen. Jurnal Dinamika Informatika, 2(2).

Suhari Yohanes. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume XII(2), 140–146.

Sundalangi, M., Mandey, S. L., Jorie, R. J., Produk, K., Produk, K., Iklan, D. T., Potongan, D. A. N., & Terhadap, H. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324. https://doi.org/10.35794/emba.v2i1.3829

Ujianto, A. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(1), 34-53 Jurusan.

Wijaya, petra surya mega, & Teguh, C. (2012). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Di Online Shop Specialis Guess. Jrmb, 1, 147–160.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id