ANALISA KINERJA SUATU PERUSAHAAN DI JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD

Antonius Felix

Abstract


Penelitian dilakukan di sebuah perusahaan distribusi di Jakarta dengan melakukan pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard agar bisa menganalisa secara keseluruhan perspektif antara lain perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian adalah dengan survey lapangan, wawancara dan kuesioner. Permasalahan adalah penurunan penjualan perusahaan sejak tahun 2017. Teknik Pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan penelitian lapangan, penelitian langsung pada objek yang diteliti. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan dalam keadaan sehat, perspektif yang paling rendah adalah perspektif proses bisnis internal, walau perspektif lain dalam keadaan baik, namum tetap perlu adanya kemajuan berkelanjutan. Perusahaan perlu untuk menambahkan lini product, setidaknya menambah supplier baru , karena di perspektif ini sangat rendah dan membuat bargaining power dari supplier tinggi. Malah jika memungkinkan mulai untuk memulai brand sendiri. Melakukan penugasan kembali job description karena beberapa sistem sudah tidak sesuai dengan karyawan yang baru, harus di sesuaikan lagi dan perlu mengisi kursi- kursi yang memang kosong supaya tidak terlalu pembebanan di individu - individu tertentu. Saran dari penelitian ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan disarankan penambahan supplier, aftersales lambat, harus adanya SOP yang lebih baik dan sistem reward.

Kata Kunci: Balanced Scorecard, pengukuran kinerja, manajemen strategis

 

The research was conducted at a distribution company in Jakarta by measuring performance using the Balanced Scorecard in order to analyze the overall perspective, including financial, customer, business process, and learning and growth perspectives. The research method is by field survey, interview and questionnaire. The problem is the decline in company sales since 2017. The data collection technique that the writer does is by field research, direct research on the object. The data used are primary data and secondary data. The results showed that the company is in good health, the lowest perspective is the perspective of internal business processes, although other perspectives are in good condition, there is still a need for continuous progress. Companies need to add product lines, at least add new suppliers, because in this perspective it is very low and makes the bargaining power of suppliers high. In fact, if possible start to start your own brand. Reassigning job descriptions because some systems are no longer suitable for new employees, have to be adjusted again and need to fill empty seats so as not to be too burdensome for certain individuals. The suggestion of this research is that there are several things that must be considered, suggesting additional suppliers, slow after sales sales, better SOP and reward system.

Keywords: Balanced Scorecard, performance analysis, strategic management


Full Text:

PDF

References


Andry, J. F (2018), Conceptual Framework for Successful IT-Governance and BSC for Service Industry, International Journal of Innovative Science and Research Technology, ISSN No:-2456-2165, Jakarta

Erwin, Prabowo, H. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT. Bahtera Utama. Binus Business Review

Hardiyanto, Y., Ali, A. H. N., Pambudi, H. A. (2005). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Pemasaran dengan Metode Balanced Scorecard studi Kasus PT. Semen Gresik. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November

Kaplan, RS, and DP Norton, 1996b, ‘Using the Balanced Scorecard as a strategic management system’, Harvard Business Review, 74 (1): 75-85.

Liputan6.com (2019). Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2019 Hanya 5,08 Persen, diakses pada tanggal 10 September 2019. Dari : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4050253/sri-mulyani-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-hanya-508-persen

Luis, S., Biromo, P. A. (2010). Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Menkop. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2010-2015, diakses pada tanggal 3 September 2019 dari http://www.depkop.go.id/data-umkm

Sarjono, H., Pujadi, A., Wong, H. W. (2010). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Suatu Sistem Pengukuran Kinerja pada PT.Dritama Brokerindo. Binus Business Review,1(1): 139154.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

World Bank (2019). Laju Pertumbuhan Ekonomi Global, diakses pada tanggal 3 September 2019 dari https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/09/101500026/bank-dunia--laju-pertumbuhan-ekonomi-global-2019-melemah




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id