PERBINCANGAN DI MEDIA SOSIAL FILM PENDEK TILIK SEBAGAI HASIL DARI STRATEGI DIGITAL

Panji Nandiasa Ananda Mukadis

Abstract


Tidak setiap saat bisa kita temukan sebuah film pendek Indonesia menghasilkan perbincangan yang masif seperti film Tilik. Film pendek karya dari sutradara Wahyu Agung Prasetyo dan diproduki oleh Ravacana Films, sebuah rumah produksi berbasis komunitas di Yogyakarta memperoleh dua juta views di Youtube per 21 Agustus 2020. Awal diunggah sejak 17 Agustus 2020 film Tilik telah menarik banyak penonton hingga menghasilkan puluhan ribu views. Setelah beberapa hari jumlah views meningkat berkali lipat usai mendapat beragam reaksi dan akhirnya menghasilkan views beratus kali lipat,  juga perbincangan yang terus berdengung di media sosial. Perbincangan yang terus bergulir mengenai Tilik kemudian menghasilkan peliputan lanjutan di media daring, cetak, maupun liputan di televisi yang tidak main-main nilainya bila dihitung secara nilai Public Relations (PR Value). Apa yang terjadi pada Tilik bukan lahir begitu saja melainkan hasil hasil dari strategi digital dan didasari teknis yang memadai serta pilihan-pilihan dalam alur cerita yang membuatnya menjadi bahan perbincangan di media sosial. Bicara tentang jumlah views dan perbincangan seputar film Tilik kita juga perlu memperhatikan kondisi sosial masyarakat saat film ini beredar secara daring  Tidak lupa sebagai sebuah film, Tilik juga harus dilihat konteks yang dibawa, konteks yang memberinya bekal yang cukup untuk menanamkan menghasilkan traksi pada awal dan berbagai modal untuk jadi bahan perbincangan hari-hari pertama sejak film ini ditayangkan di Youtube.

Kata Kunci: Film Pendek, Youtube, Media Sosial, Konten Viral, Pemasaran Digital

 

An Indonesian short film produced massive conversations like the film Tilik which is rarely found in our daily lives.A film directed by Wahyu Agung Prasetio and produced by Ravacana Films, a community-based production house in Yogyakarta had gained two million views on YouTube per 21 August 2020. The first day it was uploaded 17 August 2020, it had gained many tractions until around 30K views, and then different kind of reactions multiply the number of viewers and conversation that also attract coverages from national media, online, offline, and also chose to be content for several television program, some coverage that is so pricey if we talk about Public Relations (PR) Value aspect.. The phenomena of Tilik is not for coming without reason, it came from some specific situation and then supported with good product material, and digital strategy. Talking about the number of its views we cannot cease to discuss the social condition around the society at that time. As a film, we cannot ignore the context of Tilik, context that had given it enough resource to gain traction from relevant people and communities. Context that had also gave it enough conversation materials the first days it was published on YouTube.

Keywords: Short Film, Youtube, Social Media, Viral Content, Digital Marketing


Full Text:

PDF

References


Adrian Jonathan Bercerita Soal Kritik Film | Siasat Sinema. (2020). Retrieved 22 August 2020, from https://www.youtube.com/watch?v=2Q1LecwUmjQ&t=209s.

Banjaransari, T, (2016), POSISI FILM ALTERNATIF DI INDONESIA Studi Kontekstualisasi, Penciptaan dan Pengkajian Seni, Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta

Daniar, A., Marta, R., & Sampurna, A. (2020). DEFINING BRAND IDENTITY OF NOESA WOVEN FABRIC THROUGH TOTAL BRANDING IN ONLINE MEDIA. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(1), 77-88.

Darmawan, H. (2020, Agustus 21) Film Tilik dan Titik Buta Stereotipe - Alif.ID: https://alif.id/read/hd/film-tilik-dan-titik-buta-stereotipe-b232201p/

Imanjaya, E. & Darmawan, H. (2019). Tilas Kritik: Kumpulan Tulisan Rumah Film 2007-2012. Dewan Kesenian Jakarta

KNIGHT, P. H. (2016). Shoe dog: a memoir by the creator of Nike.

Kotler, P., Keller, K., Ang, S., Tan, C., & Leong, S. (2018). Marketing management. Pearson.

Monaco, J. (2000). How to read a film. Harbor Electronic Publ.

Mukadis., P, Aviany., I & Winata., F (2014) Pliage, Pelopor Spesialis Flatshoes Lipat Wanita Buatan Indonesia. Masters thesis, BINUS.

Patel, T. (2016, January 19). The Role and Influence of Social Media on the Modern PR Industry. Retrieved from http://www.prmention.com/blog/the-role-and-influence-of-social-media-on- themodern-pr-industry/

Ravacana Films, Dinas Kebudayaan Yogyakarta. (2018). Tilik[Film]. Yogyakarta.

Ries, A., & Ries, L. (2006). The fall of advertising and the rise of PR. HarperBusiness.

Safitri, Y., & Ramadanty, S. (2019), Strategi Kampanye Public Relations melalui Peran Key Opinion Leader di Indonesia, Marketing Communication Program, Communication Department, Faculty of Economics and Communication, Bina Nusantara University, Jakarta

Sampurna, A., Tandian, M., Huang, V., Florescia Simanjuntak, R., &

Marta, R. F. (2020). Implementasi Total Branding dalam Perspektif Semiotika Pemasaran . CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 59-73.

Santoso, P (2020) STRATEGI PUBLISITAS DAN PROMOSI FILM NIKAH YUK!, Program Studi Produksi Film dan Televisi. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Sasongko, Yohanes., Probo, D., & Marta, R.F. (2018). Ekspresi Identitas Melalui Relasi Ayah dan Anak Pada Iklan Youtube Grab Official. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id