EVALUASI PENGARUH PRODUCT QUALITY, PRODUCT INNOVATION DAN MARKETING PROMOTION TERHADAP BRAND IMAGE IKEA

I Gede Wisnu Satria Chandra Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Pemasaran terhadap Citra Merek. Objek penelitian ini adalah konsumen IKEA di Alam Sutra - Tangerang. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling dan menggunakan program SPSS 22.00 sebagai alat pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Promosi Pemasaran memengaruhi Citra Merek IKEA di Alam Sutra - Tangerang. Ini telah dibuktikan dari hasil uji simultan (F). Namun hasil (t) uji parsial menunjukkan titik signifikan pada salah satu dari tiga variabel independen yang mendukung hipotesis. Oleh karena itu, asumsi yang diterima adalah, hanya ada pengaruh antara Inovasi Produk dengan Citra Merek IKEA di Alam Sutra – Tangerang

Kata kunci: Kualitas Produk, Inovasi Produk, Promosi dan Pemasaran, Citra Merek

 

This research aimed to analyze the influence of Product Quality, Product Innovation and Marketing Promotion to Brand Image. The object of this research is consumer of IKEA in Alam Sutra - Tangerang. This research was done to 100 respondents by using convenience sampling technique and using the SPSS 22.00 program as a data processing. The result of this research shows that simultaneously, the variable of Product Quality, Product Innovation and Marketing Promotion influence the Brand Image of IKEA in Alam Sutra - Tangerang. It has been proven from the result of (F) simoultant test.  However the result of (t) partial test shows significant point on one of three independent variables that supports the hipothesis. Therefore, the accepted assumption is, there is influence only between Product Innovation to Brand Image of IKEA in Alam Sutra – Tangerang

Keywords:  Product Quality, Product Innovation, Marketing Promotion, Brand Image


Full Text:

PDF

References


Davidson, H. (1998), The next generation of brand measurement, Journal of Brand Management, Vol. 5 No. 6, pp. 430-9.

Dobni, Dawn and Zinkhan, George M. (1990) , In Search of Brand Image: a Foundation Analysis, in NA - Advances in Consumer Research Volume 17, eds.

Marvin E. Goldberg, Gerald Gorn, and Richard W. Pollay, Provo, UT : Association for Consumer Research, Pages: 110-119.

Garvin, David A. (1987), Competing on the Eight Dimensions of Quality. Harvard Business Review 65, no. 6.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler dan Amstrong. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kesembilan. Jilid 7. Jakarta: PT Indeks. P 382.

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Rahayu, A., & Anggarini, G. (2009). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Audio Sony (Survei pada Konsumen di Toko Aneka Irama Jalan ABC Bandung). STRATEGIC, 8(16), 12-29.

Nistanto, R. K. (2019). Garap Smart Home, IKEA Bersaing dengan Google, Apple, dan Xiaomi. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2019/08/19/13030097/garap-smart-home-ikea-bersaing-dengan-google-apple-dan-xiaomi

Sevilla, Consuelo G. et. al (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.

Simamora, Henry. (2007). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II Edisi 2. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Thimothy, S. (2016). Why Brand Image Matters More Than You Think. Retrieved April 02, 2017, from https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2016/10/31/why-brand-image-matters-more-than-you-thin




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id