KOMUNIKASI BISNIS BERBASIS ETIKA LINGKUNGAN SEBAGAI CSR THE BODY SHOP INDONESIA

Yunike Hardhiyanti, Udung Noor Rasyid

Abstract


Penelitian ini berjudul “Komunikasi Bisnis Berbasis Etika Lingkungan Sebagai Bentuk Corporate Social
Responsibility The Body Shop Indonesia (Studi Kasus: Kampanye #Pay4Plastik The Body Shop
Indonesia Di Jakarta. Penelitian ini betujuan untuk: 1). Mengetahui bagaimana The Body Shop
melakukan komunikasi bisnis beretika pada kegiatan korporasinya dalam lingkup internal & eksternal
korporasi ; 2). Mengetahui mengapa The Body Shop sangat fokus pada isu-isu serta kegiatan CSR yang
terkait dengan lingkungan salah satunya #Pay4Plastic; 3). Mengetahui bagaimana The Body Shop melihat
CSR #Pay4Plastic yang dilakukannya menghasilkan dampak positif di masyarakat. Metode penelitian
yang digunakan adalah studi kasus. Dalam hal ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian ini, yaitu: 1). The Body Shop melakukan komunikasi
bisnisnya secara lingkup internal & eksternal korporasi dengan menggunakan kanal-kanal komunikasi
yang digunakannya. Adapun kanal komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan prinsip bisnis yang dijalankannya adalah: Strategi komunikasi produk, Public Relations, serta sudut-sudut yang berada di
Head Office The Body Shop Indonesia yang dijadikan sebagai penggambaran jenis bisnis yang dijalankan
oleh The Body Shop Indonesia khususnya. 2). The Body Shop fokus akan hal-hal yang bersifat sosial dan
lingkungan dikarenakan tujuan The Body Shop adalah sebagai brand kosmetik yang paling beretika di
dunia dan bisnis global berkelanjutan yang sebenarnya. Selain itu, The Body Shop merupakan pelopor
CSR serta bisnis global pertama yang mempraktikkan perdagangan yang adil serta melakukan kampanye
sosial dan lingkungan. CSR yang dilakukan The Body Shop Indonesia melalui Kampanye #Pay4Plastic
juga terkait dengan hal tersebut, dimana kampanye yang dilakukan selain untuk membangun kesadaran
masyarakat akan sampah plastik. Kampanye tersebut juga digunakan sebagai komunikasi bisnis untuk
menciptakan para karyawan dan konsumen yang loyalitas. 3). The Body Shop melihat dampak positif
yang ditimbulkan dari Kampanye #Pay4Plastic ini melalui banyaknya publik yang ikut terlibat dalam
pengumpulan petisi plastik berbayar. The Body Shop Indonesia juga melihat dari sisi tindak lanjut dari
kampanye #Pay4Plastik yang telah ditanggapi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
(KLHK) Republik Indonesia pada tanggal 30 Desember 2015 akan petisi yang telah dikumpulkan oleh
The Body Shop Indonesia secara offline. Hasil dari petisi tersebut dengan dikeluarkannya surat edaran di
bawah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Nomor: SE-06/PSLB3-
PS/2015) yang ditujukan kepada kepala daerah dan pelaku usaha; mengenai penerapan plastik berbayar di
seluruh gerai pasar modern di Indonesia.
Kata Kunci: Komunikasi, Bisnis, Etika, CSR, Kampanye


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v3i02.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats