PERILAKU PADA IKLAN TERHADAP PENGGUNAAN KARTU E-TOLL

Fabianus Fensi, Michael Christian

Abstract


Data menunjukkan bahwa beberapa kategori produk mengalami peningkatan belanja iklan di tahun 2016.
Kategori produk pemerintahan & organisasi politik dan korporasi-iklan layanan masyarakat diantaranya
mengalami kenaikan 9 sampai 10 persen. Peningkatan belanja iklan diharapkan mampu mencapai ukuran
efektivitas iklan yaitu penjualan, pengingatan ataupun persuasi. Sosialiasi penerapan pembayaran non
tunai dalam bentuk kartu e-toll merupakan tantangan bagi pemerintah dalam mencapai realisasi
penggunaan pada akhir tahun dan mencapai penggunaan secara menyeluruh dalam periode dekat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh perilaku pada iklan terhadap
penggunaan kartu e-toll. Penelitian ini menggunakan model SEM dengan SMART PLS 3.0. Dengan galat
sebesar 0,5 hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perilaku pada iklan e-toll memberikan pengaruh pada
loyalitas penggunaan dan juga pembelian kartu e-toll secara impulsif. Penggunaan strategi sosialisasi
dengan pesan bebasis lokasi (LBMA) dirasa sesuai untuk menjangkau lebih banyak pengguna.
Kata Kunci: Periklanan, Iklan, Perilaku, e-toll


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v3i02.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats