NEGOSIASI PENONTON DALAM LIVE STREAMING PADA ERA POSMODERNISME: ANTARA KENIKMATAN MENONTON FILM DAN BERKOMENTAR

Ratna Puspita

Abstract


Artikel ini berupaya mengeksplorasi aktivitas penonton ketika menyaksikan film melalui live streaming yang dibentuk oleh teknologi internet. Eksplorasi ini diharapkan memberikan kebaruan dalam hal penonton film sebagai khalayak media yang aktif berpartisipasi. Metode penelitian ini menggunakan etnografi digital, yang menekankan pada observasi data digital yang diproduksi penonton selama menonton film. Peneliti juga menjadi partisipan sehingga memahami pengalaman dan perasaan menonton melalui live streaming. Berdasarkan data digital “Lionsgate Live! A Night at the Movie”, peneliti menemukan lima tema dalam aktivitas penonton ketika menyaksikan film melalui live streaming YouTube Live, yakni kegiatan menonton, pengalaman menonton, pemenuhan kebutuhan menonton film, reaksi terhadap film, dan penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas menonton melalui live streaming bukan hanya kegiatan menyaksikan dan menikmati film, melainkan kegiatan berkomentar. Ini sekaligus menunjukkan penonton film sebagai khalayak media makin jauh meninggalkan konsep khalayak pasif yang muncul pada era modernisme. Aktivitas menonton ini dibentuk oleh pengalaman interaksi dengan gawai dan YouTube.


Keywords


etnografi digital, aktivitas menonton, live streaming, youtube

Full Text:

PDF Indonesia

References


Aagaard, J. (2019). Multitasking as distraction: A conceptual analysis of media multitasking research. Theory and Psychology, 29(1), 87–99. https://doi.org/10.1177/0959354318815766

Akemu, O., & Abdelnour, S. (2020). Confronting the Digital: Doing Ethnography in Modern Organizational Settings. Organizational Research Methods, 23(2), 296–321. https://doi.org/10.1177/1094428118791018

Alaimo, C., & Kallinikos, J. (2017). The Information Society An International Journal Computing the everyday: Social media as data platforms. The Information Society, 33(4), 175–191. Retrieved from http://www.tandfonline.com/action/journalInformation?journalCode=utis20

Berita Hari Ini. (2020). Jadwal Streaming Film Gratis Lionsgate di YouTube. Retrieved April 23, 2020, from https://kumparan.com/berita-hari-ini/jadwal-streaming-film-gratis-lionsgate-di-youtube-1tEXvM0pHk8/full

Briandana, R. (2019). Television and National Identity: An Ethnography of Television Audience in the Border of Indonesia-Malaysia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 23(1), 72. https://doi.org/10.22146/jsp.37586

Dhoest, A., & Simons, N. (2016). Still ‘watching’ TV? The consumption of TV fiction by engaged audiences. Media and Communication, 4(3A), 176–184. https://doi.org/10.17645/mac.v4i3.427

Galuppo, M., & Kit, B. (2020). Netflix Picks Up Kumail Nanjiani and Issa Rae’s “The Lovebirds.” Retrieved March 24, 2020, from https://www.hollywoodreporter.com/news/paramount-sends-lovebirds-netflix-1285470

Góralska, M. (2020). Anthropology from home advice on digital ethnography for the pandemic times. Anthropology in Action, 27(1), 46–52. https://doi.org/10.3167/AIA.2020.270105

Hadida, A. L., Lampel, J., Walls, W. D., & Joshi, A. (2020). Hollywood Studio Filmmaking In the Age of Netflix: A Tale of Two Institutional Logics. Journal of Cultural Economics, (0123456789). https://doi.org/10.1007/s10824-020-09379-z

Hanich, J. (2018). The Audience Effect: On the Collective Cinema Experience. Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317–324. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Ida, R. (2014). Metode Penelitian: Studi Media dan Kajian Budaya (Pertama). Jakarta: Kencana.

Khan, M. L. (2017). Social media engagement: What motivates user participation and consumption on YouTube? Computers in Human Behavior, 66, 236–247. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.024

Kristiyono, J., & Ida, R. (2019). Digital Etnometodologi: Studi Media dan Budaya pada Masyarakat Informasi di Era Digital. ETTISAL : Journal of Communication, 4(2), 109. https://doi.org/10.21111/ejoc.v4i2.3590

Lu, Z., Xia, H., Heo, S., & Wigdor, D. (2018). You watch, you give, and you engage: A study of live streaming practices in China. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 2018-April(April). https://doi.org/10.1145/3173574.3174040

Murwani, E. (2017). Literasi Budaya Partisipatif Penggunaan Media Baru pada Siswa SMA di DKI Jakarta. Ilmu Komunikasi, 15(1), 48–59.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya Menonton Televisi di Indonesia: Dari Terrestrial Hingga Digital. ProTVF, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220

Permatasari, D. P., & Sadewo, F. S. (2018). Budaya Menonton Film pada Remaja Putri di Kota Surabaya. Jurnal Mahasiswa Unesa, 1–6. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/viewFile/24774/22687

Pink, S., Horst, H., Postill, J., Hjorth, L., Lewis, T., & Tacchi, J. (2017). Digital Ethnography: Principles and Practice. London: Sage Publication Inc.

Rodriguez-Gil, L., Orduña, P., García-Zubia, J., & López-de-Ipiña, D. (2018). Interactive live-streaming technologies and approaches for web-based applications. Multimedia Tools and Applications, 77(6), 6471–6502. https://doi.org/10.1007/s11042-017-4556-6

Sorrentino, M., & Solsman, J. E. (2020). Disney Plus: Everything to know about Disney’s service during coronavirus. Retrieved April 23, 2020, from https://www.cnet.com/news/disney-plus-everything-to-know-coronavirus-mandalorian-artemis-fowl-onward-pixar/

Suwarto, D. H. (2016). Analisis Segmentasi Penonton Bioskop Yogyakarta. Informasi, 46(2), 215–222. https://doi.org/10.21831/informasi.v46i2.12248

Wibowo, T. O. (2018). Fenomena Website Streaming Film di Era Media Baru: Godaan, Perselisihan, dan Kritik. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 191–203. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.15623

Youtube. (n.d.). Pedoman Komunitas. Retrieved February 15, 2021, from https://www.youtube.com/intl/ALL_id/howyoutubeworks/policies/community-guidelines/




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats