STRATEGI MEDIA GATHERING PT XL AXIATA, TBK DALAM MEMBANGUN SINERGISITAS DENGAN INDUSTRI PENYIARAN

Mokhammad Naigam Mahriva, Eka Wenats Wuryanata

Abstract


Kondisi persaingan dibidang telekomunikasi semakin tinggi. Di dalam dunia bisnis dan industri, setiap perusahaan dituntut memiliki hubungan yang baik dan erat dengan masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun masyarakat luas. Hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat (media) merupakan Point Plus tersendiri bagi sebuah perusahaan, termasuk PT. XL Axiata Tbk. Hubungan yang baik antara PT. XL Axiata Tbk dan media merupakan aset jangka panjang yang sangat penting bagi kelangsungan perkembangan perusahaan di masa yang akan datang. Dalam hal tersebut PT. XL Axiata Tbk harus memiliki strategi/program yang bertujuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik terutama dengan media. Salah satu program tersebut adalah Media Gathering. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode literature review dan pengumpulan data dilakukan secara content analysis serta in depth interview terhadap keabsahan dan relevansi sumber primer dan sekunder yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Gathering sebagai salah satu program PT. XL Axiata Tbk berperan penting dalam membangun hubungan baik dengan media. Selain itu, hubungan tersebut memberikan dampak positif berupa peningkatan pertumbuhan pendapatan, penguatan pangsa pasar sebagai Strong #2, total pelanggan semakin meningkat, serta memperoleh beberapa penghargaan atas membangun hubungan kerjasama yang baik dengan media.

Keywords


Program XL; Media Gathering; Strategi PT. XL

References


APJII. 2018. Survey Penetrasi dan Profil Pelaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta : Polling Indonesia. https://apjii.or.id/survei2018s/kirimlink. Diakses : 14 Mei 2020

Arofat, rizal muhammad. 2016. Studi Diskriptif Stategi Media Relations Humas PEMKAB Sukoharjo Untuk Menghasilkan Pemberitaan Positif Melalui Media Cetak. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1 No.2

Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis ke Arah Rragam Varian Kontemporer. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Evita, Dewi. 2012. The effect of media gathering's activity to form the image of the company (study to the journalist as the participant of PT Jones Lang LaSalle's media gathering activity year 2011). Aunilo: Libraries Of ASEAN University Network

Fahrizal Gifari & Hadi Purnama. 2017. Strategi Asia PR dalam Mempekuat Hubungan Media dengan Forum Wartawan Otomotif Profesi Humas. Unpad : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, Vol. 1 No. 2

Farida Siti Sholikhah. 2016. Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Surakarta : Jurnal Komunikator Vol. 8 No. 2

Gregory, A and White, J. 2008. Introducing the Chartered Institute of Public Relations Initiative: Moving on from talking about evaluation to incorporating it into better management of the practice, in B Van Ruler, A Tkalac Vercic and D Vercic (eds) Public Relations Metrics: Research and evaluation. New York: Routledge

Katadata. 2020. Laba Bersih XL Axiata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/11/laba-bersih-xl-axiata-tembus-rp-15-triliun-pada-kuartal-i-2020#. Diakses : 14 Mei 2020

Kasali, Rhenald. 2003. Disruption. Jakarta: Gramedia.

Pratama, A M. 2012. Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Ovako Work Analysis System (OWAS) Pada Stasiun Pengepakan Bendela Karet (Studi Kasus Di PT. Riau Crumb Rubber Factory Pekanbaru). Pekanbaru : Jurnal sains, teknologi dan industry, Vol. 1 No. 10

PT. XL Axiata Tbk., 2019. Annual Report XL Axiata 2019, Jakarta, http://www.xl.co.id/corporate/en/investor/information/annual-report. Diakses 14 Mei 2020.

Rogers. 1986. Communication Technology: The New Media in Society. New York: The Free Press

Ruslan, Rosady. 2002. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sawyer et al. 1993. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications (Brief Version). USA: McGraw-Hill Companies

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Teguh, Monika dan Ciawati, Selvy Tri. 2020. Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan dalam Menjawab Tantangan Era Posmoderen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1) : 51-63

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. http://dpr.go.id. Diakses : 14 Mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v7i1.2172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats