MAKNA TAGLINE ‘MENJADI YANG TERBAIK’ IKLAN TELKOMSEL VERSI PILOT PAPUA RIKO KABAK

Juhari Tianotak, Nur Aini Shofiya Asy’ari

Abstract


ABSTRACT
Corporate identity is an effort to create a corporate identity that is fully implemented through corporate communication activities to customers that can be done in several ways, one of them is advertising. In creating an ad, a tagline is needed so that consumers easily remember the contents of the message and have the distinguishing power of the advertisements supported. Usually, the ad tagline is created to reflect a recognized company profile. Telkomsel carries the tagline of Being the Best through several advertisements it produces, one of the versions of the Papua Pilot, Rico Kabak. As a communication product, advertisements have certain messages that are conveyed through narration and visualization. This research tries to interpret the meaning of the tagline to be the best Telkomsel advertisement for the Papua Pilot Riko Kabak version. The interpretation of the meaning of advertising is obtained by analyzing the data previously collected through the process of documentation, observation, and literature. Meaning analysis is done by using Roland Barthes's semiotic analysis. The results of advertising carried out gather interpretations of meaning Being the best is a business association of a person in carrying out tasks based on sincerity, concern, struggle, responsibility, strength, alertness, sacrifice, and dedication or self-service. The results of this study are expected to contribute to the study of message content analysis using Roland Barthes's semiotic study.

Keywords; Advertising, Telkomsel, Tagline, Semiotics

ABSTRAK
Corporate identity yang merupakan usaha untuk menciptakan identitas diri perusahaan secara konsisten dilaksanakan melalui kegiatan komunikasi perusahaan terhadap konsumen yang dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan. Dalam membuat sebuah iklan dibutuhkan sebuah tagline agar konsumen mudah mengingat isi pesan iklan dan mempunyai daya pembeda dari iklan-iklan pesaingnya. Biasanya, tagline iklan dibuat untuk mencerminkan profil perusahaan yang bersangkutan. Telkomsel mengusung tagline Menjadi Yang Terbaik melalui beberapa iklan yang diproduksinya, salah satunya versi Pilot Papua Riko Kabak. Sebagai produk komunikasi, iklan memiliki pesan-pesan tertentu yang disampaikan melalui narasi dan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengintepretasikan makna tagline Menjadi Yang Terbaik Iklan Telkomsel versi Pilot Papua Riko Kabak. Intepretasi makna iklan didapatkan dengan menganalisa data-data yang sebelumnya dikumpulkan melalui proses dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Analisa makna dilakukan dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil analisa iklan yang dilakukan melahirkan intepretasi bahwa makna Menjadi Yang Terbaik adalah adalah sebuah kesatuan usaha seseorang dalam melaksanakan sebuah tugas yang didasari kesungguhan, kepedulian, perjuangan, tanggung jawab, keberanian, kesigapan, pengorbanan dan dedikasi atau pengabdian diri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap kajian analisis isi pesan terutama yang menggunakan kajian semiotika Roland Barthes.

Kata Kunci; Iklan, Telkomsel, Tagline, Semiotics


Full Text:

PDF

References


Akbar, Taufik. 2014.Cause Category dan Product Type dan Respon Konsumen. Jurnal Lentera Bisnis. Vol 3, No. 1, 1

Andini, Lily, Puspita.2016. Pengaruh Persepsi Celebrity Endorse dan Tagline Iklan Terhadap Brand Awarness Konsumen Pada Produk Wardah Dikalangan Mahasiswi UIN Malik Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim.

Chaidir, M, Prakoso, Cathas, Teguh dan Boer, Kheyene, Molekandella. 2018. Pengaruh Tagline Iklan Yamaha “Semakin Di Depan” Terhadap Kesadaran Merek Pada Masyarakat Kecamatan Samarinda Ulu DI Kota Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi, 6(1):391-402

Djama’an, Satori dan Aan, komariah, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Kelima, Bandung: Alvabeta Halim, Seanny, Kurniawati, Swandi I Wayan, Raditya Alvin.

Perancangan Corporate Identity Espacion Interior Design Makassar, Surabaya: Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra. Siwalankerto 121-131.

Ibrahim, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Kaelan. Filsafat bahasa semiotika dan hermeneutika. Yogyakarta: Paradigma.

Minhal, Abu.Perintah Untuk Saling Menolong dalam Mewujudkan Kebaikan Dan Ketakwaan. Artikel pada Media Islam Salafiyyah, AhlussunnahwalJama’ah, dalam situs https://almanhaj.or.id/ (diakses pada 6 april 2018, 09.00)

Morissan. 2010.Periklanan: komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta, Prenadamedia Group.

Natanael, Agung. 2017. Dominasi Telkomsel Kuasai Pasar Seluler, berita pada velidnews.com, pada situs https://www.validnews.id/Dominasi-Telkomsel-Kuasai-Pasar-Seluler-fcx, (diakses pada 6 April 2018, 08.40)

Nurnanengsi. 2016. RepresenrasiKonsepCantikDalamIKlan & Televisi (Analisis Semiotika Dalam Iklan Pelembab Wajah Fair & Lovely Versi Gita Virga). Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin.

Putro, Rino, Andana. 2018. Makna Motivasi Dalam Iklan Air Mineral Aqua Verdi “1 Untuk 10 di Youtube” (AnalisisSemiotika Ferdinand De Saussure). Jogjakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga

Rachmani, Nur. 2015.“Analisis Semiotka Iklan Ades Versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan” Dalam Menyikapi Pesan Tersembunyi Tentang Kepedulian Lingkungan Hidup”. eJournal Ilmu Komunikasi,3, (2):432-446.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Cetakan Kelima Bandung: PT RemajaRosdakarya

Sobur, Alex. 2014. Ensikopedia Komunikasi J-O, cetakan pertama, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2014. Ensikopedia Komunikasi P-Z, cetakan pertama Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemanagara,Rd. 2012. Strategi Marketing Communication Konsep Strategi dan Tarapan. Cetakan ketiga, Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.B & Wijanarko, H, 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis dan Manajemen

Syaamil Qur’an. 2010. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahannya. Kementrian Agama Republik Indonesia

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Ed 1. Jakarta, Rajawali Pers.

Wibowo,Indiawan, Seto Wahyu. 2013. Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi.edisi kedua. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media

Widyatama, Rendra.2009. Pengantar Periklanan, cet 6, Yogyakarta, Pustaka Book Publisher.

Yusuf, Oik. 2017. 4G Telkomsel Bakal Lebih Kencang, Smartphone Pelanggan Support atau Tidak?, berita pada kompas.com, pada situs https://tekno.kompas.com/read/2017/10/24/11010007/4g-telkomsel-bakal-lebih-kencang-smartphone-pelanggan-support-atau-tidak (diakses pada 6 April 2018, 08.50)

Internet

https://id.m.wikipedia. Org>wiki>4G, (diakses pada 6 April 2018, 08.45)

https://id.wikipedia.org/wiki/Belas_kasihan(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 15.05 WIB)

https://id.wikipedia.org/wiki/Dedikasi(diakses pada 26 Februari 2019, pukul 00.18)

https://kbbi.kemdigbud.go.id/entri/iklan, diakses pada 6 April 2016, 16.30)

https://kbbi.web.id/berani(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 22.25 WIB)

https://kbbi.web.id/juang(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 21.15 WIB)

https://kbbi.web.id/korban(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 23.45)

https://kbbi.web.id/niat (diakses pada 4 Februari 2019, pukul 22. 10 WIB)

https://kbbi.web.id/peduli(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 14.58 WIB)

https://kbbi.web.id/sigap(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 23.15 WIB)

https://kbbi.web.id/sungguh(diakses pada 25 Februari 2019, pukul 14.20 WIB)

https://kbbi.web.id/tekad(diakses pada 4 Februari 2019, pukul 22.10 WIB) diakses pada 25 Februari 2019, pukul 14.13 WIB)

https://kioslambang.wordpress.com (diakses pada 14 Desember 2018, pukul 22.03)

https://pakarkomunikasi.com/teori-semiotika-roland-barthes (diakses pada 8 April 2018 pukul 13.34 WIB)

https://tekno.kompas .com, pada 24 Okt 2017, 11.01, (diakses pada 6 April 2018, 08.50)

https://www.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/stocklanding/profil-dan-riwayat-singkat.html (diaksestanggal: 12 Desember 2018, pukul 23.15 WIB)

https://www.telkomsel.com/about-us/our-story (diakses pada 12 Desember 2018, pukul 23.42 WIB)

https://www.youtube.com/watch?v=76BBh2kItXg, (diakses pada 20 April 2018, 11.07)

https://www.youtube.com/watch?v=bwp6TtyaIC8, (diakses pada 6 April 2018, 09.15)

https://www.zonareferensi.com/pengertian-tanggung-jawab (diakses pada 25 Februari 2019, pukul 21.43 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats