BUDAYA PENGGUNA APLIKASI BACA BERITA INDONESIA (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Jurnalistik Jakarta Barat)

Teguh Priyo Sadono, Nicodemus Koli

Abstract


Abstrak

Berkembangnya media kini tengah membanjiri para khalayak pengguna dan implikasinya telah memberikan nuansa yang berbeda dari waktu ke waktu, bahkan nuansa tersebut telah melembaga hingga menjadi budaya di masyarakat. Media konvensional seperti tabloid Goal, majalah Tempo, surat kabar Kompas dan Tribun, hingga berbagai situs berita seperti Viva, Detik, dan Kapanlagi yang tergolong dalam web 1.0, kini tidak kesulitan menyajikan berita-berita yang dapat dijadikan sebagai sumber berita utama. Seluruhnya telah dihimpun oleh aplikasi Baca Berita Indonesia atau yang disingkat BaBe, suatu teknologi yang menyajikan fitur indeks berita secara ringan, cepat, dan lengkap dari berbagai sumber berita dan penggunanya bebas berbagi berita. Tentu saja pola seperti ini telah merujuk pada posisi social media sebagai web 2.0, dimana teknologi ini muncul setelah media konvensional dan beberapa situs berita onlinemedia yang digolongkan sebagai web 1.0 telah menunjukkan eksistensinya di masyarakat. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka perlu diteliti secara mendalam terhadap budaya konsumsi berita pada pengguna aplikasi BaBe. Para pengguna aplikasi tersebut dapat memilih untuk tetap mengandalkan aplikasi BaBe untuk melihat berita terkini, kemudian merujuk pada situs penyedia berita sumbernya atau hanya membacanya sepintas lalu. Selain itu, melalui penelitian ini pula akan diketahui pola konsumsi berita yang dibagikan oleh pengguna BaBe melalui social media. Adapun kerangka berpikir yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan Social Action Media Studies yang dicetuskan oleh Gerard Schoening dan James Anderson. Terdapat enam premis utama pendekatan studi ini kepada khalayak komunitas pengguna aplikasi BaBe dengan pendekatan kualitatif, dimana instrumen yang digunakan adalah focus group discussion dengan metode deskriptif. Bersandar pada paradigma penelitian interpretif, pada pelaksanaannya penelitian ini akan melibatkan mahasiswa ilmu komunikasi dari berbagai tingkatan semester di Jakarta Utara sebagai partisipan penelitian.

 

Kata kunci: Budaya, Berita, Aplikasi BABE.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v1i01.1636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats