Pemberitaan Bergabungnya Hary Tanoesoedibjo Ke Partai Hanura (Analisis Ekonomi Politik Media Dalam Framing Portal Online Okezone.com dan Metrotvnews.com)

Teguh Priyo Sadono, Fabianus Fensi

Abstract


Abstrak

Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita kepada khalayak, salah satunya adalah kecepatan berita yang jauh melampaui media konvensional seperti surat kabar. Pemberitaan di media online dipengaruhi oleh ideologi dan ekonomi politik media yang terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh media.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif, maksudnya yaitu penelitian ini bertujuan untuk pemgumpulan informasi aktual secara rinci yang  melukiskan gejala yang ada.      Hasil penelitian dengan menggunakan analisis framing ini ialah bahwa pada pemberitaan bergabungnya Hary Tanoesoedibjo ke dalam Partai Hanura , Okezone.com menunjukkan keberpihakkan kepada kepentingan pemiliknya. Okezone.com menjadi corong politik Hary Tanoesoedibjo dalam melakukan pemberitaan seputar bergabungnya Hary Tanoesoedibjo. Dengan membuat berita-berita yang menunjukkan citra positif sosok Hary Tanoesoedibjo. Sementara, Metrotvnews.com yang kepemilikannya dimiliko oleh kelompok lain, cenderung sama ingin memunjukkan sosok pemilik media yang di miliki oleh Metrotvnews.com dengan memberitakan berita yang cenderung berbeda dari pemberitaan Okezone.com.

Berdasarkan temuan penelitian itu, peneliti memiliki kesimpulan bahwa Okezone.com dalam pemberitaan seputar bergabungnya Hary Tanosoedibjo ke dalam Partai Hanura, berada dalam kekuasaan politik Hary Tanoesoedibjo selaku pemilik media . okezone.com menjadi alat kampanye politik sekaligus corong bagi  kepentingan Partai Hanura untuk mempopulerkan Partainya dan membangun citra sebagai anggota pemilu 2014. Sementara Metrotvnews.com tidak berada dalam bayang-bayang kekuasaan politik Hary Tanoesoedibjo, karena dalam pemberitaan nya Metrotvnews.com kerap mendiskritikan Hary Tanosoedibjho sebagai tokoh politik Partai Hanura dengan stikma yang di buat oleh Metrotvnews.com.

Kata kunci : Kepemilikan media, kepentingan politik, analisis framing.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v1i01.1635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats