GERINDRA AKAN MENJADI PARTAI BESAR

Ramon Kaban

Abstract


Abstrak

Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan opini kepada khalayak, salah satunya adalah kecepatan opini yang jauh melampaui media konvensional seperti surat kabar. Opini di media online dipengaruhi oleh kepentingan politik yang terlihat dari wacana opini politik yang dilakukan oleh media.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif, maksudnya yaitu penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi actual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis wacana Teun A. Van Dijk untuk menganalisis wacana yang dikembangkan dalam opini politik Kompasiana.com.

Hasil penelitian dengan menggunakan wacana ini ialah bahwa pada wacana yang dikembangkan dalam media Kompasiana.com terhadap opini politik dengan topic Gerindra akan menajdi partai besar di Indonesia menunjukkan adanya kepentingan politik. Karena didalam wacana tersebut banyak subtopic yang menunjukkan citra positif sosok Prabowo Subianto selaku ketua partai Gerindra.

Berdasarkan temuan penelitian itu, peneliti memiliki kesimpulan bahwa sosok Prabowo Subianto berada dalam relasi kekuasaan pada media Kompasiana.com. Kompasiana.com menjadi alat bagi kepentingan sosok Prabowo Subianto dengan membangun Partai Gerindra yang akan menjadi partai besar di Indonesia pada pemilu 2014.

 

Kata Kunci:

Opini Politik, Analisis Wacana


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v1i02.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats