APLIKASI SIMULASI PERCOBAAN WARNA PEWARNA BIBIR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Maria Yosephine, Frans Sinata

Abstract


Kecantikan merupakan hal penting bagi wanita, namun terdapat banyak masalah seputar kecantikan yang dialami wanita. Salah satu masalah yang kerap dialami adalah pemilihan warna pada pewarna bibir yang tidak sesuai, sehingga justru membuat penampilan tampak tidak maksimal. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan tidak semua warna pewarna bibir cocok di semua warna kulit, sehingga pemilihan warna dalam produk pewarna bibir sangat krusial. Berdasarkan hasil analisa dari permasalahan yang didapatkan, diputuskan akan dibuat aplikasi yang dapat mensimulasikan percobaan pewarna bibir secara real-life dengan teknologi Augmented Reality (AR). Metode yang digunakan adalah Face Tracking dengan algoritma Concurrent Odometry and Mapping (COM) untuk melacak lalu menciptakan representasi virtual dari wajah. Algoritma COM memiliki akurasi tinggi dalam pelacakan dengan hasil yang stabil dan konsisten, sehingga walaupun terjadi pergerakan kepala hasil akan tetap stabil dan konsisten. Berdasarkan dari hasil uji coba implementasi metode untuk simulasi percobaan warna bibir, implementasi berhasil dilakukan dan simulasi dapat berjalan secara lancar dalam real-life.  Sehingga pengguna dapat menggunakan filter pewarna bibir yang tersedia dalam aplikasi untuk mencari tahu warna yang sesuai dengan kulit mereka. Hasil uji coba dari aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi mampu memberikan

Keywords


Augmented Reality, Pewarna bibir, undertone

References


A. A. Brielmann, A. Nuzzo, and D. G. Pelli, “Beauty, the feeling,” Acta Psychol (Amst), vol. 219, no. June, p. 103365, 2021, doi: 10.1016/j.actpsy.2021.103365.

C. A. Pranata, “MARKER BASED AUGMENTED REALITY PADA BUKU POA DENGAN METODE FAST CORNER DETECTION,” EXPLORE, vol. 11, no. 2, p. 58, Jul. 2021, doi: 10.35200/explore.v11i2.461.

M. A. Putra, M. Madlazim, and E. Hariyono, “Exploring Augmented Reality-Based Learning Media Implementation in Solar System Materials,” IJORER : International Journal of Recent Educational Research, vol. 5, no. 1, pp. 29–41, Jan. 2024, doi: 10.46245/ijorer.v5i1.440.

N. Andreas and I. G. N. Suryantara, “PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA ANDROID DENGAN METODE SINGLE MARKER,” Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.30813/j-alu.v2i2.3610.

R. N. Fauziah and D. Sulisworo, “The Development of Applications using Augmented Reality Technology as the Teaching Media of Special Mirror Lights,” vol. 9, no. 2, pp. 117–124, 2021, doi: 10.26618/jpf.v9i2.4899.

T. N. Fitria, “Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review,” 2023. [Online]. Available: https://ijcis.net/index.php/ijcis/indexJournalIJCIShomepage-https://ijcis.net/index.php/ijcis/index

D. Normalasari and I. Afrianto, “Aplikasi Identifikasi Kata Berbasis Optical Character Recognition dan Augmented Reality,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 77–85, 2019, doi: 10.34010/komputa.v8i2.3053.

M. Omar, D. F. Ali, M. Mokhtar, N. M. Zaid, H. Jambari, and N. H. Ibrahim, “Effects of Mobile Augmented Reality (MAR) towards students’ visualization skills when learning orthographic projection,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 14, no. 20, pp. 106–119, 2019, doi: 10.3991/ijet.v14i20.11463.

V. Lavoye, A. Tarkiainen, J. Sipilä, and J. Mero, “More than skin-deep: The influence of presence dimensions on purchase intentions in augmented reality shopping,” J Bus Res, vol. 169, p. 114247, Dec. 2023, doi: 10.1016/j.jbusres.2023.114247.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v7i2.6035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: