PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI PELENGKAP MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA

Martien Junaedi, Anton Siswo Raharjo Ansori

Abstract


Hasil dari proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh minat dan motivasi belajar, oleh karena itu diperlukan interaksi yang aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan tercipta proses belajar yang ideal serta efektif. Seringkali dibutuhkan alat peraga yang berfungsi sebagai alat bantu representasi visual selama proses belajar mengajar, materi sistem tata surya menjadi salah satu contohnya. Sayangnya ketersediaan alat peraga visual terkadang menjadi kendala dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan media pelengkap pembelajaran sistem tata surya, sekaligus sebagai pilihan alternatif media pembelajaran konvensional yang ada. Teknologi augmented reality digunakan karena dapat memudahkan dalam representasi objek-objek di dalam sistem tata surya dalam bentuk 3D. Tahapan penelitian yang akan dilakukan adalah studi literatur, pengumpulan aset dan perancangan aplikasi, pengembangan aplikasi, pengujian, dan dokumentasi. Pengembangan aplikasi dalam penelitian ini akan menggunakan game engine Unity dengan memanfaatkan SDK dari Vuforia.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran interaktif sistem tata surya berbasis Android yang menerapkan marker-based augmented reality dengan metode tracking berupa single-marker. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat melengkapi media pembelajaran konvensional dan alat bantu peraga visual, sekaligus sebagai alternatif media pembelajaran sistem tata surya.


Keywords


android, augmented reality, marker-based, media pembelajaran, single-marker

Full Text:

PDF 424-435

References


I. Mustaqim and N. Kurniawan, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.

I. Aripin and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf,” Sainsmat J. Ilm. Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 2, p. 47, 2019, doi: 10.35580/sainsmat82107192019.

L. Kamelia, “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar,” ISTEK, vol. IX, no. 1, p. 238, 2015, [Online]. Available: https://www.gob.mx/semar/que-hacemos.

S. A. Laras and A. Rifai, “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di BBPLK Semarang,” J. Eksistensi Pendidik. Luar Sekol., vol. 4, no. 2, pp. 121–130, 2019.

A. Ramauli and M. Siddik, “Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 3, no. 1, pp. 13–19, 2021, [Online]. Available: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/597.

Y. Fatma, A. Salim, and R. Hayami, “Augmented reality berbasis android sebagai media pembelajaran sistem tata surya,” J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 53–59, 2021.

N. J. D. Atmaja, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality dengan Android,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Jakarta, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/3439.

M. Masri and E. Lasmi, “Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless,” J. Electr. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 40–47, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/1118.

A. Fitriansyah, “PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MEMPELAJARISISTEM TATA SURYA DENGAN ANDROID,” Fakt. Exacta, vol. 11, no. 2, pp. 179–185, 2018, doi: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2515.

I. A. Astuti and A. G. Mahardika, “Pengembangan dan Testing Marker 3D Printed Model pada Augmented Reality Planet Tata Surya,” Sistemasi, vol. 10, no. 3, p. 701, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i3.1465.

D. Tresnawati, S. Rahayu, and K. Yusuf, “Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 182–191, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.954.

Y. Sartika, T. D. Tambunan, and P. A. Telnoni, “Aplikasi Pembelajaran Tata Surya Untuk Ipa Kelas 6 Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 2, no. 3, pp. 93–96, 2016, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3572.

Y. Pratama, I. Akhlis, and S. Linuwih, “Pengembangan Media Pembelajaran Arts Berbasis Android Pada Materi Tata Surya Untuk Smp,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 9, no. 1, pp. 73–78, 2020, doi: 10.15294/upej.v9i1.38283.

Badan Pusat Statistik, Statistik Telekomunikasi Indonesia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2020.

P. Diegmann, M. Schmidt-Kraepelin, S. Van den Eynden, and D. Basten, “Benefits of Augmented Reality in Educational Environments – A Systematic Literature Review,” 12th Int. Conf. Wirtschaftsinformatik, March 4-6 2015, Osnabrück, Ger., no. March, pp. 1542–1556, 2015.

P. Chen, X. Liu, W. Cheng, and R. Huang, “A review of using Augmented Reality in Education from 2011 to 2016,” pp. 13–19, 2017, doi: 10.1007/978-981-10-2419-1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v5i1.3385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: