APLIKASI PEMBELAJARAN STRUKTUR RANGKA TULANG MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MULTIMARKER

Derry Leo Nardi, I Gusti Ngurah Suryantara

Abstract


Saat pembelajaran dilakukan secara konvensional sebuah alat peraga menjadi alat bantu atau pelengkap untuk memahami sebuah ilmu. Dalam pembelajaran online, murid tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan alat peraga berbentuk fisik yang ditunjukkan oleh gurunya. Alasan penelitian ini dilakukan adalah harga alat peraga yang mahal, tidak mudah menunjukkan alat peraga tersebut ketika pembelajaran online, dan murid tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan alat peraga. Selain daripada itu kegunaan dari penelitian ini untuk mencoba merepresentasikan model struktur tulang manusia secara 3D dan mencoba membuat pembelajaran tentang hal tersebut menjadi lebih menarik. Metode yang digunakan dalam pengembangan penelitian aplikasi AR ini adalah Multimedia Development Life Cycle dan metode yang digunakan dalam Aplikasi AR adalah multimarker. Hasil penelitian ini adalah aplikasi AR dengan metode multimarker dapat digunakan untuk memvisualisasikan model 3D dari struktur rangka tulang dengan keterbatasan berupa dibutuhkannya bidang planar untuk menghasilkan zona deteksi yang optimal. Seperti pada marker dengan posisi berdiri tidak bisa menampilkan 3D objek yang tersimpan dalam database vuforia.

Keywords


Augmented Reality; Aplikasi Pembelajaran; Smartphone; Struktur tulang manusia; Multimarker

Full Text:

PDF 479-488

References


Muntahanah, R. Toyib, and M. Ansyori, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID,” vol. IV, 2017.

R. Gurevych and A. Silveistr, “Using Augmented Reality Technology in Higher Education Institutions,” vol. 12, pp. 109–132, 2021.

R. T. . Azuma, “A survey of augmented reality,” Found. Trends Human-Computer Interact., pp. 355–385, 1997, doi: 10.1561/1100000049.

M. R. Aulia, “MARKERLESS AUGMENTED REALITY UNTUK PENATAAN DESAIN INTERIOR BERBASIS ANDROID.” 2018.

F. N. Kumala, “MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students,” 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012068.

I. G. S. Rahayuda, “Evaluasi Penggunaan Framework Laravel Pada E-government Menggunakan ISO / IEC 25010 : 2011 Evaluation of Laravel Framework on E-government,” vol. 19, no. 1, pp. 81–94, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v5i02.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: