APLIKASI EDUKASI COVID-19 BERBASIS MARKELESS AUGMENTED REALITY

Jet J Krisnadi, I Gusti Ngurah Suryantara

Abstract


Tahun 2020 dunia dilanda sebuah pandemi yaitu coronavirus atau dikenal dengan sebutan SARS CoV-2 yang kemudian masyarakat kenal sebagai Covid-19. Covid-19 masuk ke Indonesia pada tanggal 1 Maret 2020. Pemberitaan tersebut membuat masyarakat panik berlebihan sehingga membuat pemerintahan kewalahan menangani Covid-19 serta panik attack masyarakat. Aplikasi edukasi yang penulis buat berisikan materi Covid-19 yang mencakup materi sejarah Covid-19, tenaga kesehatan, dan informasi seputar varian, dan vaksin coronavirus. Materi edukasi Covid-19 dikemas dalam bentuk multimedia dengan teknik augmented reality metode markerless sehingga terlihat lebih menarik. Metode markerless menunjukkan benda sekitar yang digunakan untuk diubah menjadi sebuah marker sekitar dapat dilakukan dengan rentang jarak minimal 10 cm dan jarak maksimal kurang dari 1m; dan berdasarkan pengujian menggunakan kuisoner, dari 35 responden, sebanyak 78,6% menyatakan aplikasi berdampak besar dalam mengedukasi masyarakat mengenai coronavirus.


Keywords


Augmented reality, Markerless, Coronavirus, User Defined Target

Full Text:

PDF 417-423

References


E. S. H. SELVIA LORENA BR. GINTING, “Penerapan Teknologi Augmented reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru UNIKOM Berbasis Android,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 14, no. 2, hal. 1–14, 2016, doi: 10.1007/978-3-642-35455-7_1.

B. E. Kusuma, M. T. Tanzil, dan R. Cenderawan, “Analisa dan Perancangan Teknologi Augmented reality Berbasis Android Dalam Memberikan Petunjuk Navigasi Ruangan Pada Universitas Pelita Harapan Kampus Medan,” vol. 4, no. 1, 2019.

S. L. Ginting, Y. R. Ginting, dan W. Aditama, “Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Bayi Menggunakan Metode Marker Berbasis Android,” J. Manaj. Inform., vol. 1, no. 13, hal. 1–14, 2017.

M. R. Aulia, “Markeless Augmented reality Untuk Penataan Desain Interios Berbasis Android,” hal. 44–48, 2018, [Daring].

P. S. Informatika, F. Teknik, D. A. N. Informatika, dan U. M. Nusantara, “Implementasi Markerless Augmented reality Pada Aplikasi Pengenalan Nama Binatang,” 2020.

Ika Devi Perwitasari, “Teknik Marker Based Tracking Augmented reality Untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 53, no. 9, hal. 287, 2008.

Nurhadi dan Mulyadi, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented reality Berbasis Face Tracking untuk Mendeteksi Wajah Peserta Wisuda,” Processor, vol. 13, no. 1, hal. 1189–1199, 2018.

U. Rio, S. Erlinda, dan D. Haryono, “Implementasi Model Mobile Augmented reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 1, no. 2, hal. 177, 2016, doi: 10.35314/isi.v1i2.137.

S. Pragestu, H. Sujaini, dan A. B. Putra, “Implementasi Augmented reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem Pengenalan Gedung Universitas Tanjungpura,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 1, no. 2, 2015, doi: 10.26418/jp.v1i2.12560.

M. E. A. Randy Gusman, “Analisis Pemanfaatan Metode Markeless User Defined Target Pada Augmeted Reality Sholat Shubuh,” hal. 3–9, 2016.

R. N. Putri, “Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, hal. 705, 2020, doi: 10.33087/jiubj.v20i2.1010.

A. Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini,” J. Penyakit Dalam Indones., vol. 7, no. 1, hal. 45, 2020, doi: 10.7454/jpdi.v7i1.415.

S. Syafrida dan R. Hartati, “Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 6, hal. 495–508, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i6.15325.

M. Mufti, A. A. S. Gatara, A. Afrilia, dan R. Mutiarawati, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah: Kekuatan bagi Penanganan Covid-19 Berbasis Masyarakat,” Lp2M, hal. 1–13, 2020, [Daring].

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, hal. 26–31, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v5i1.3363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: