DATA MINING UNTUK ANALISA PENGAJUAN KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOGISTIK REGRESI

Jusia Amanda Ginting

Abstract


Penerapan data mining sebagai media untuk menganalisa pengajuan kredit oleh nasabah sangat penting, dikarenakan kemampuan data mining dalam pengolahan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data nasabah dari sebuah industri perbankan yang diambil dari Machine Learning Repository sebanyak sepuluh ribu data dan hasil dari pengolahan data dapat digunakan sebagai salah satu acuan oleh pihak bank untuk menyetujui apakah pengajuan nasabah tersebut dapat disetujui atau tidaknya. Proses analsisa data pada rapidminer melalaui beberapa proses yaitu data retrive data limiter dat, set role, spli data

Penerapan data mining sebagai media untuk menganalisa pengajuan kredit oleh nasabah sangat penting, dikarenakan kemampuan data mining dalam pengolahan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data nasabah dari sebuah industri perbankan yang diambil dari Machine Learning Repository sebanyak sepuluh ribu data dan hasil dari pengolahan data dapat digunakan sebagai salah satu acuan oleh pihak bank untuk menyetujui apakah pengajuan nasabah tersebut dapat disetujui atau tidaknya. Proses analsisa data pada rapidminer melalaui beberapa proses yaitu data retrive data limiter dat, set role, spli data


Keywords


Data Mining, Rapidminer, klasifikasi, Logistik Regresi, Kredit Perbankan, Analisa Data

Full Text:

PDF

References


Hair, J. F. (2007). Knowledge Creation in Marketing :The Role of Predictive Analysis. European Business Review , 303-315.

Ince, H., & Aktan, B. (2009). A Comparison of Data Mining Techniques for Credit Scoring in Banking: A Managerial Perspective. Journal of Business Economics and Management , 233-240.

Mawoli, M. A., & Abdulsalam, D. (2012). Effectiveness Market Segmentation and Viability of Islamic Banking in Nigeria. Australian Journal of Business and Management Research , 1-9.

Kurniawan, Sukma (2015). Perancangan Data Mining Untuk Analisis kriteria Nasabah Kredit Yang Potensial Dan Manfaatnya Untuk Customer Relation Management Perbankan. Univeritas Pendidikan Ganesha. Bali.

Sundjaja (2013). Penerapan Businness Intelegent Pada Industry Perbankan, Retail, Dan Pendidikan. Binus University. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v2i2.1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: