PENGAMANAN DATA MELALUI CLOUD COMPUTING DENGAN INTEGRASI STEGANOGRAFI LSB DAN KRIPTOGRAFI VIGENERE KEY BERBASIS ANDROID

Chyquitha Danuputri

Abstract


Pertukaran data pada jaman sekarang sudah banyak dilakukukan dengan menggunakan sistem cloud computing. Saat ini masih banyak fitur layanan penyampaian pesan  belum memiliki standar keamanan yang baik, karena pada implementasinya pihak operator provider selaku penyedia layanan fitur-fitur ini masih dapat mengetahui isi pesan yang dikirimkan oleh pelanggan. Pada penelitian ini menggunakan metode Vigenere Key Kriptografi dan LSB Steganografi yang diintegrasikan menjadi satu dalam sebuah sistem pengamanan data. Dengan teknik-teknik tersebut disatukan menjadi suatu sistem yang membantu user dalam hal petukaran data rahasia melalui media share online tanpa diketahui keberadaannya oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Cover object yang digunakan di penilitian ini adalah image digital dengan jenis gambar *.gif, *.jpeg, *.png dan *.bmp. Data yang dapat disisipkan ke dalam cover image adalah berupa plaintext dan file dokumen yang berformat *.txt, *.doc, *.xls, *.pdf. Penelitian ini menghasilkan kualitas hasil gambar stego yang tidak terlihat perbedaannya dengan gambar aslinya terlihat kasat mata dan dibutuhkan kunci enkripsi untuk menyimpan ke dalam cover image dan dekripsi untuk membuka data dari stego image. Prototipe sistem ini menghasilkan  proses pertukaran data rahasia melalui media online share  smartphone  khususnya android lebih terjamin karena pihak yang tidak berwenang atas data rahasia tersebut tidak akan mengetahui bahwa pesan tersebut mengandung data rahasia.

 

Kata kunci: Android, Kriptografi, Steganografi, LSB-Insertion, Enkripsi, Cloud Computing


Full Text:

PDF

References


Adnan Abdul-Aziz Gutub,2010, “Pixel Indicator Technique for RGB Image Steganography”, Journal Of Emerging Technologies In Web Intelligence, Vol.2, No.1.

Basuki Rakhmat1 Muhammad Fairuzabadi, M.Kom.2, 2010, “Steganografi Menggunakan Metode Least Significant Bit Dengan Kombinasi Algoritma Kriptografi Vigenère Dan Rc4”, Jurnal Dinamika Informatika Volume 5, Nomor 2.

Hasbian Saputra1, M. Zen Samsono Hadi2, Nanang Syahroni3, 2011, “Implementasi Algoritma Steganografi Embedding Dengan

Metode Least Significant Bit (Lsb) Insertion Dan Huffman Coding

Pada Pengiriman Pesan Menggunakan Media Mms Berbasis J2ME”, Teknik Telekomunkasi - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kevin Chandra Irwanto, 2011, “Aplikasi Teori Bilangan Dalam Sandi Vigenere Dan Caesar”, Bandung.

Ary Budi Warsito1, Lusi Fajarita2, Nazori AZ3, 2012,” Proteksi Keamanan Dokumen Sertifikat File Jpeg Pada Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Steganografi Dan Kriptografi “,Jurnal TELEMATIKA MKOM Vol.4 No.1.

Tri Prasetyo Utomo, 2012, “Steganografi Gambar Dengan Metode Least Significant Bit Untuk Proteksi Komunikasi Pada Media Online”, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sushil Kumar1, S.K.Muttoo2, 2013, “A Comperative Study Of Image Steganography In Wavalet Domain”, ISSN 2320-088X IJCSMC, Vol.2, Issue.2, pg.91-101

Pu, I.M., 2006, Fundamental Data Compression, Elsevier, Britain.

Putu H. Arjana, Tri Puji Rahayu ,Yakub, Hariyanto, 2012, “Implementasi Enkripsi Data dengan Algoritma Vigenere Cipher”, Yogyakarta.

Agnes Aryasanti#1, Mardi Hardjianto*2, 2014, “Model Pengamanan Berkas Bank Soal dengan Metode Steganografi LSB Dan Kompresi”, Jurnal TICOM Vol.2 No.2.

Tri Cahyadi, 2012, “Implementasi Steganography dengan enkripsi Vigener Cipher pada Citra JPEG”, Semarang.

Muharram Huda W, 2009, “Perkembangan Enkripsi Fungsi Hash pada SHA (Secure Hash Algorithm)”, MAKALAH IF2091 STRATEGI ALGORITMIK, Bandung.

Quist-Aphetsi Kester, Digital Forensics Department, Faculty of Informatics, Ghana Technology University College. Accra, Ghana, 2012, “A cryptosystem based on Vigenère cipher withvarying key”, International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET) Volume 1.

Mrs. Kavitha, Kavita Kadam, Ashwini Koshti, Priya Dunghav, 2012, “Steganography Using Least Signicant Bit Algorithm”, International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA) ISSN: 2248-9622 www.ijera.com Vol. 2, Issue 3, May-Jun 2012, pp. 338-341

Nurhasanah1dan Raden Sulaiman2, 2013, “Pembuatan Tanda Tangan Digital Menggunakan Digital Signature Algorithm”.

Sugiyono, 2012,“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta.

Ms.E.Suneetha1, Smt. D.Swetha2, Ms.E.Sumalatha3, Ms.P.Sridevi4 & Ms.Sk.Rajeena Sulthana5 Bapatla, Guntur, 2012, “Steganography Using LSB Algorithm And RGB Decomposition”, ISSN: 0975-6779 NOV 11 TO OCT 12 VOLUME -02, ISSUE – 01

Virginia L. Clark, Teaching with aSpecialization in the Teaching of Middle Level Mathematics in the Department of Mathematics., 2012,“The Vigenére Cipher Expository Paper”, International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET) Volume 1, Issue 10.

Sanjeev Kumar Mandal1, A.R Deept2, 2012, “Steganography Using LSB Algorithm And RGB Decomposition”, ISSN: 0975-9646 (IJCSIT) International Journal of Computer Science and Information Technologies , Vol 7 (4), 2016, 2096-2099




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v1i2.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: