PENGARUH RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2007 - 2010

Wiwi Idawati

Abstract


Dunia bisnis berkembang semakin cepat, menuntut pengelolaan perusahaan yang lebih baik. Seiring dengan terjadinya krisis keuangan global yang melanda perekonomian saat ini, perusahaan harus berusaha mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Sebelum seseorang mengambil keputusan demi kelangsungan hidup perusahaan, terlebih dahulu harus memahami kinerja dan kondisi keuangan perusahaan, agar seseorang tidak mengambil langkah atau keputusan yang keliru. Diperlukan analisis terhadap laporan keuangan untuk dapat memahami laporan keuangan tersebut, yaitu melalui rasio-rasio keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari rasio-rasio keuangan terhadap laba yang diperoleh perusahaan.Penulis melakukan penelitian pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sebagai objek penelitian dengan menggunakan data sekunder untuk tahun 2007 – 2010, yang diperoleh melalui Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) di BEI dan situs di internet BEI yaitu www.idx.co.id. Jenis penelitian adalah pendekatan kausal komparatif dengan hubungan kausalitas satu arah. Rasio-rasio keuangan yang digunakan adalah Rasio Likuiditas (Rasio Lancar, Rasio Cepat, Rasio Kas atas Aktiva Lancar, Rasio Kas atas Utang Lancar, Rasio Aktiva Lancar dan Total Aktiva, Rasio Aktiva lancar dan Total Utang), dan Rasio Profitabilitas (Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return on Asset, Retention Ratio, dan Earning Per Share).Setelah penulis melakukan penelitian, maka diperoleh kesimpulan secara umum bahwa beberapa rasio keuangan memiliki pengaruh terhadap laba. Rasio Lancar, Net Profit Margin dan Return on Asset berpengaruh secara parsial terhadap Laba. Sedangkan Rasio Cepat, Rasio Kas atas Aktiva Lancar, Rasio Kas atas Utang Lancar, Rasio Aktiva Lancar dan Total Aktiva, Rasio Aktiva Lancar dan Total Utang, Gross Profit Margin, Retention Ratio, dan Earning Per Share tidak berpengaruh secara parsial terhadap Laba. Seluruh kelompok rasio likuiditas dan rasio profitabilitas berpengaruh secara simultan (serentak) terhadap Laba, yaitu sebesar 47,7% dari variabel laba dapat dijelaskan oleh variabel independen rasio likuiditas dan profitabilitas, sedangkan sisanya sebesar 52,3% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Kata kunci : Laporan Keuangan, Rasio Likuiditas, dan Rasio Profitabilitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jab.v5i2.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Akuntansi Bisnis by The author of this article is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis.