PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Cristofel Cristofel, Kurniawati Kurniawati

Abstract


ABSTRACT: Firm value describes the quality of a company. There are several factors that affect firm value, including, firm risk, the company’s concern for the environment, and how the company is well managed. This research aims to investigate the influence of enterprise risk management, corporate social responsibility and institutional ownership on the firm value. Based on sampling criteria obtained 69 observations of LQ-45 companies during 2016-2018. Multiple linear regression is used to analyze this research. The statistical tool used to process hyphothesis at significance level (α) = 5% is SPSS version 25. The results reveal that enterprise risk management has negative and significance effect on the firm value. This occurs because the disclosure of ERM is more focus on risk (event) identification and lack of information regarding risk assessment and risk response/risk mitigation so that it is captured as negative (bad) news by investors. Meanwhile, corporate social responsibility and institutional ownership have positive and significant effect on the firm value. The result of this research can be used as further study for management to give more attention how the company mitigates its risk so that it provides a positive signal for investors. In addition it is important for the company to maintain the extent of CSR disclosure in the annual report and the effectiveness of monitoring company performance by institutions so as to increase firm value

Keywords: enterprise risk management, corporate social responsibility, institutional ownership, firm value

 

ABSTRAK: Nilai perusahaan menggambarkan kualitas suatu perusahaan. Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya risiko perusahaan, kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, dan bagaimana perusahaan itu dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh enterprise risk management, corporate social responsibility dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan kriteria sampel diperoleh 69 data observasi atas perusahaan LQ-45 selama periode 2016-2018.  Analisis regresi linear berganda digunakan untuk melakukan analisis atas penelitian ini. Alat statistik yang digunakan untuk mengolah pengujian hipotesis pada tingkat signifikasi (α) = 5% adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa enterprise risk management memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan. Hal ini terjadi karena pengungkapan ERM lebih terfokus kepada identifikasi risiko/kejadian dan kurangnya penjelasan terkait penilaian risiko dan respon atau mitigasi risiko sehingga hal ini ditangkap sebagai berita negatif (bad news) oleh investor. Disisi lain corporate social responsibility dan kepemilikan institusional menunjukkan hasil positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.  Hasil penelitian ini dapat menjadi suatu kajian bagi pihak manajemen untuk lebih memberi perhatian tentang bagaimana perusahaan memitigasi risikonya sehingga memberikan sinyal positif bagi investor. Selain itu penting bagi perusahaan untuk tetap menjaga tingkat keluasan pengungkapan CSR di laporan tahunan dan efektivitas pengawasan kinerja perusahaan oleh pihak institusi sehingga meningkatkan nilai perusahaan

Kata Kunci: manajemen risiko , tanggung jawab sosial, kepemilikan institusional, nilai perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jab.v14i1.2468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Akuntansi Bisnis by The author of this article is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis.