PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI MERCHANDISE VIDEO DOKUMENTER BATIK DISABILITAS GRIYA HARAPAN DIFABEL JAWA BARAT

Arsila Chairunnisa

Abstract


Abstrak

Peranan ini merupakan upaya komunikasi visual dalam mempromosikan merchandise film dokumenter seniman batik difabel. Difabel, Jawa Barat, Griya Harapan. Pendekatan kualitatif dan deskriptif digunakan untuk melakukan penelitian ini. Tinjauan pustaka, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bagaimana komunikasi visual yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang seni batik difabel dan merangsang permintaan produk. Dengan mempertimbangkan fitur-fitur produk dan dasar konsumen yang dituju, desain menggunakan teks, warna, gambar, dan tata letak sebagai komponen visual. Mempromosikan seni penyandang disabilitas dan meningkatkan harga jual produk harus dilakukan dengan desain yang menarik dan edukatif.

Melalui penelitian ini menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang seni batik yang dibuat oleh penyandang disabilitas melalui desain komunikasi visual yang efektif. Desain dapat menjelaskan kisah motivasi di balik setiap item barang dagangan serta memperkenalkannya melalui penggunaan bahasa, warna, foto, dan tata letak yang menarik secara efektif.

Saat membuat desain, kami memperhitungkan fitur khas produk, termasuk jenis bahan, dimensi, dan elemen desain batik. Diharapkan desain komunikasi visual ini akan secara signifikan memajukan penyebab promosi seni disabilitas, penjualan produk eceran, dan aksesibilitas pasar bagi seniman batik disabilitas Jawa Barat.

 

Kata Kunci: Promosi, Video Dokumenter, Batik, Difabel

 

Abstrak

 

                Perancangan ini merupakan upaya komunikasi visual dalam mempromosikan merchandise dokumenter seniman batik disabilitas. Difabel, Jawa Barat, Griya Harapan. Pendekatan kualitatif dan deskriptif digunakan untuk melakukan penelitian ini. Kajian pustaka, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bagaimana komunikasi visual yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang seni batik bagi penyandang disabilitas dan merangsang permintaan produk. Dengan mempertimbangkan fitur produk dan basis konsumen yang dituju, desain menggunakan teks, warna, gambar, dan tata letak sebagai komponen visual. Mempromosikan seni disabilitas dan meningkatkan harga jual produk harus dilakukan dengan desain yang menarik dan edukatif.

Melalui penelitian ini, terlihat potensi besar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap seni batik yang dibuat oleh para penyandang disabilitas melalui desain komunikasi visual yang efektif. Desain tersebut dapat menjelaskan cerita motivasi di balik setiap barang dagangan serta memperkenalkannya melalui penggunaan bahasa, warna, foto, dan tata letak yang efektif dan menarik.

Dalam membuat desain, kami mempertimbangkan ciri khas produk tersebut, termasuk jenis bahan, dimensi, dan elemen desain batik. Diharapkan desain komunikasi visual ini dapat memajukan promosi seni disabilitas, penjualan produk ritel, dan aksesibilitas pasar bagi seniman batik disabilitas di Jawa Barat.

 

Kata Kunci:  Promosi, Video Dokumenter, Batik, Difabel


Keywords


Promosi, Video Dokumenter, Batik Difabel

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159.

Iskandar, D. (2009). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Gaung Persada. GP Press.

Maulana, J. H., & Wijaya, S. (2021). Pajak Penghasilan Penjualan Merchandise dan Perlengkapan Bola Basket. GUEPEDIA.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putra, D., Sari, S., & Maryaningsih, M. (2024). Public Relations Management In An Effort To Improve Public Services On The Website Of The Information And Documentation Management Officer Of Central Bengkulu. Harmonization: Jurnal Ilmu Sosial, Ilmu Hukum, Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 137–148.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Sunarya, L., Sunarya, P. A., & Assyifa, J. D. (2015). Keefektifan media komunikasi visual sebagai penunjang promosi pada Perguruan Tinggi Raharja. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 9(1), 77–86.

Supriyono, R. (2010). Desain komunikasi visual teori dan aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, P. Y. (1999). Tipografi dalam desain komunikasi visual. Nirmana, 1(1).

Yanfaunas Putera, D., & Swasty, W. (2017). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PENGAPLIKASIAN PADA MEDIA PROMOSI MUSEUM SRI BADUGA (Vol. 03).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v8i1.6076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.