Analisis Komposisi Fotografi Pada Foto Feeds Instagram Kopi Kenangan

Wahid Hasyim Kosasih

Abstract


Dalam era pemasaran digital, media sosial, khususnya Instagram, telah menjadi platform penting untuk mempromosikan produk. Salah satu merek yang menggunakan Instagram sebagai strategi pemasaran utamanya adalah Kopi Kenangan, merek kopi lokal yang sedang naik daun di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komposisi foto iklan dalam feed Instagram Kopi Kenangan guna meningkatkan strategi pemasaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui proses triangulasi dan disajikan dalam bentuk deskripsi fakta yang ditemukan di lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa komposisi foto memainkan peran krusial dalam menciptakan daya tarik dalam karya fotografi. Unsur-unsur seperti wujud, bentuk, pola, tekstur, kontras, dan warna menjadi komponen kunci yang terlibat dalam proses komposisi. Pemahaman yang mendalam terhadap unsur-unsur tersebut memberikan keunggulan kepada fotografer untuk mengelola pencahayaan dan sudut pengambilan gambar dengan efektif. Selain itu, abstrak ini juga membahas prinsip-prinsip komposisi dalam fotografi, seperti Rule of Third, Leading Line, Diagonals, Framing, Figure to Ground, Fill the Frame, dan lain-lain. Penerapan prinsip-prinsip komposisi ini dapat meningkatkan kualitas komposisi dan menghasilkan karya yang lebih menarik secara visual.

Keywords


Instagram; komposisi foto; pemasaran digital; Kopi Kenangan

Full Text:

PDF

References


Dewi, L., & Putri, S. H. (2022). Service Quality, Customer Value, and Price to Consumer Satisfaction at Kopi Kenangan Coffee Shop. International Journal of Social Science, 1(6), 987-992.

Gunawan, A. P. (2013). Pengenalan teknik dasar fotografi. Humaniora, 4(1), 518-527.

Arbi, F., & Dewi, S. I. (2019). Pengaruh media sosial instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi kamera indonesia malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 6(2).

Yuliadewi, L. (2000). Komposisi dalam Fotografi. Nirmana, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.5068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.