Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan Desain Karakter dengan Quasi-Experiment One Group Pretest-Posttest

Brian Alvin Hananto, Ellis Melini

Abstract


Desain karakter merupakan salah satu aspek penting dalam mempelajari animasi. Dalam upaya mengisi knowlede gap pada penelitian-penelitian terhadap pelatihan desain karakter, maka penulis melakukan penelitian untuk mengevaluasi tingkat pemahaman para peserta berdasarkan pelatihan yang penulis lakukan kepada siswa-siswi SMA Sekolah Dian Harapan Kupang. Jumlah peserta pelatihan ini adalah sebanyak 36 siswa-siswi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan quasi-experiment one group. Setiap peserta diminta untuk membuat desain karakter sebagai pretestnya, diberikan pelatihan sebagai bentuk intervensi, dan diminta untuk membuat desain karakter lagi sebagai post-testnya. Hasil penilaian yang dilakukan oleh dua penilai eksternal memberikan hasil rata-rata pretest sebesar 3.118 dan post-test sebesar 3.493. Hal ini menunjukkan peningkatan penilaian sebesar 10.3% dari nilai pretest. Hasil pengukuran ini menunjukkan bahwa pelatihan desain karakter dapat meningkatkan pemahaman siswa-siswi SMA mengenai desain karakter.


Keywords


Desain Karakter, Quasi Experiment, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Danarsih, & Hastjharjo, T. D. (2023). Pelatihan Menggunakan Desain Pembelajaran Model Kemp Untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Menyusun Program Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Sintesis Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 9–19.

Fajri, R., Abdillah, T. R., Munar, & Armiady, D. (2022). Pelatihan Desain Karakter dengan Modeling 3D Kepada Siswa SMA Negeri 1 Jeunieb Kabupatern Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement, 1(1), 6–12.

Herlina, S., Zetriuslita, Suripah, Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34.

Miles, D. A. (2017). A taxonomy of research gaps: Identifying and defining the seven research gaps. In Doctoral Student Workshop: Finding Research Gaps - Research Methods and Strategies.

Ramadhani, R. (2019). Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali [Skripsi]. Universitas negeri Makassar.

Rori, R. A. Y., & Wahyudi, A. T. (2022). Proses Kreatif Pembuatan Desain Karakter dalam Karya Ilustrasi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(19).

Tenardi, S. G., & Heryanto, N. Y. (2021). Analisis Desain Karakter dengan Metode Bishop’s Shape Language dalam Video Game (Studi Kasus: Animal Crossing: New Horizons). Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV) 2021, 388–393.

Wijayanti, O., Wiarsih, C., & Eka, K. I. (2020). Pelatihan Desain Pembelajaran Tari Berbasis Pendidikan Karakter Anak (Metode, Praktik dan Produk). Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 292–297.

William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71–80.

Wisly, A. I., & Heryanto, N. Y. (2021). Implementasi Metode Desain Karakter Dasar Marika Nieminen pada Animasi Fiksi Fantasi Antapura. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV) 2021, 546–552.

Woelandhary, A. D., Satriyo, R., & Jatnika, T. (2020). Pemanfaatan Ruang Virtual dalam Pelatihan Desain Karakter dan Visual Storytelling Komik Digital. Jurnal Budaya Nusantara, 4(1), 179–183




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v6i2.5024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.