ESTETIKA ELEMEN GEOMETRIS PADA IDENTITAS VISUAL FIFA WOMEN’S WORLD CUP 2023
Abstract
Dalam sebuah penyelanggaraan olahraga di skala lokal, nasional dan internasional diperlukan sebuah identitas visual agar dapat diketahui oleh publik secara luas. FIFA Women’s World Cup 2023 adalah sebuah kejuaraan sepakbola wanita dunia yang diselenggarakan oleh badan sepak bola dunia FIFA. Kejuaraan ini diselenggarakan 4 tahun sekali sejak tahun 1991 dan sanggup merebut perhatian publik dunia untuk menyaksikan langsung ataupun melalui siaran televisi. FIFA secara profesional bekerja sama dengan berbagai brand consultant untuk menciptakan identitas visual. FIFA Women’s World Cup 2023 yang diselenggarakan di Australia dan New Zealand tampil dengan identitas visual yang unik dan berbeda dari identitas visual kejuaraan sebelumnya. Melalui metode pengumpulan data dan analisis data berbasis gambar penulis melakukan penelitian yang berfokus pada estetika elemen yang digunakan pada identitas visual yang terdiri dari logo dan sistem visual yang dirancang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cheung, Victor. Graphic Fest; Identities For Festival & fairs. Victionary, 2020, China
Cure, Sophie & Farina, Aurelien. Graphic Design Play Book ; An exploration of Visual Thinking. Laurence King Publishing Ltd, 2019, London, UK
wallschlaeger, Charles & Busic-Snyder, Cynthia. Basic Visual Concepts and Principles. Wm.C.Brown Publishers, 1992, USA
Gulö, W. Metode Penelitian. Grasindo, 2007, Jakarta.
Prosser, Jon. Image Base Research. RoutledgeFlamer, 1998, New York, USA.
Adam, Sean. Master of Design Logo & Identity. Rockport Publisher, Inc.2008, Massachusetts, USA
Moynihan Ed “FIFA Women’s World Cup 2023 Branding. Internet: http://www.forza27.com/fifa-womens-world-cup-2023-branding/, 16 Oktober 2022 [August, 21. 2023]
Vannia, Gwyneth dkk. “Analisis Form, Konten, dan Konteks Logo Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana”., Jurnal Nawala Visual vol. 3 no. 2 pp. 68-75. 2021
Muller, Lars. Josef Muller-Brockman; Ein Pionier der Schweizer Grafik. Lars Muller Publisher, 1995, Italy
Cheung, Victor. Made in Japan ; Awe-inspiring graphics from Japan today. Viction:workshop ltd, 2019, China
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.4949
Refbacks
- There are currently no refbacks.