ESTETIKA ELEMEN GEOMETRIS PADA IDENTITAS VISUAL FIFA WOMEN’S WORLD CUP 2023

Eston Kamelang Mauleti

Abstract


Dalam sebuah penyelanggaraan olahraga di skala lokal, nasional dan internasional diperlukan sebuah identitas visual agar dapat diketahui oleh publik secara luas. FIFA Women’s World Cup 2023 adalah sebuah kejuaraan sepakbola wanita dunia yang diselenggarakan oleh badan sepak bola dunia FIFA. Kejuaraan ini diselenggarakan 4 tahun sekali sejak tahun 1991 dan sanggup merebut perhatian publik dunia untuk menyaksikan langsung ataupun melalui siaran televisi. FIFA secara profesional bekerja sama dengan berbagai brand consultant untuk menciptakan identitas visual.  FIFA Women’s World Cup 2023 yang diselenggarakan di Australia dan New Zealand tampil dengan identitas visual yang unik dan berbeda dari identitas visual kejuaraan sebelumnya. Melalui metode pengumpulan data dan analisis data berbasis gambar penulis melakukan penelitian yang berfokus pada estetika elemen yang digunakan pada identitas visual yang terdiri dari logo dan sistem visual yang dirancang.


Keywords


Elemen geometris, identitas visual

Full Text:

PDF

References


Cheung, Victor. Graphic Fest; Identities For Festival & fairs. Victionary, 2020, China

Cure, Sophie & Farina, Aurelien. Graphic Design Play Book ; An exploration of Visual Thinking. Laurence King Publishing Ltd, 2019, London, UK

wallschlaeger, Charles & Busic-Snyder, Cynthia. Basic Visual Concepts and Principles. Wm.C.Brown Publishers, 1992, USA

Gulö, W. Metode Penelitian. Grasindo, 2007, Jakarta.

Prosser, Jon. Image Base Research. RoutledgeFlamer, 1998, New York, USA.

Adam, Sean. Master of Design Logo & Identity. Rockport Publisher, Inc.2008, Massachusetts, USA

Moynihan Ed “FIFA Women’s World Cup 2023 Branding. Internet: http://www.forza27.com/fifa-womens-world-cup-2023-branding/, 16 Oktober 2022 [August, 21. 2023]

Vannia, Gwyneth dkk. “Analisis Form, Konten, dan Konteks Logo Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana”., Jurnal Nawala Visual vol. 3 no. 2 pp. 68-75. 2021

Muller, Lars. Josef Muller-Brockman; Ein Pionier der Schweizer Grafik. Lars Muller Publisher, 1995, Italy

Cheung, Victor. Made in Japan ; Awe-inspiring graphics from Japan today. Viction:workshop ltd, 2019, China




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.4949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.