Memahami Graffiti: Analisis Aspek Visual

Donna Carollina

Abstract


Graffiti sebagai bentuk bentuk seni jalanan telah menjadi subjek penelitian yang penting dalam konteks seni-desain, budaya, dan masyarakat. Namun pemahaman mendalam akan graffiti sendiri belum banyak dilakukan. Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai graffiti yang fokus terhadap analisis visual pembentuk graffiti itu sendiri. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa terdapat tiga elemen visual utama dalam graffiti yaitu garis, bentuk, dan warna. Lebih lanjut secara teknis elemen garis memainkan peran signifikan dalam graffiti. Hal ini dikarenakan elemen garis mampu membentuk komposisi graffiti secara holistik dan estetik. Garis yang dihasilkan dalam graffiti turut ditentukan oleh penggunaan caps dan spray paint. Caps sebagai alat dalam graffiti mampu menciptakan garis yang membentuk komposisi graffiti secara unik, karena mampu memunculkan bentuk-bentuk serta efek artistik yang khas dari sebuah karya graffiti. Sementara graffiti sendiri terbagi atas beberapa jenis yaitu tag, throw-up, dan pieces. Dimana ketiga jenis graffiti ini umum ditemui di ruang publik. Ketiga jenis graffiti ini pun lebih lanjut membagi gaya graffiti kedalam bentuk architectonic style dan organic style. Architectonic style menjadi gaya yang kerap dianggap sebagai gaya paling logis dalam graffiti karena perspektif mata yang melihat graffiti ini diposisikan sepanjang girder. Sementara organic style kerap dianggap sebagai gaya graffiti yang bersifat ekspresionistik atau naif. Demikian hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai graffiti. Serta mampu berkontribusi pada pemahaman akan graffiti dari aspek visual yang dihadirkannya di ruang publik.

Keywords


graffiti; aspek visual; seni jalanan; analisis visual; gaya graffiti

Full Text:

PDF

References


Aulia, D. S., Wanis, R. A., Tiyas, Y. H., & Sumarwahyudi. (2023). Graffiti sebagai Media Ekspresi Seni Anak Muda. Batarirupa, 3(1), 21-30. doi:10.59672/batarirupa.v3i1.282

BBC. (2017, March 24). The Writing on the Wall. Retrieved from BBC News: https://www.bbc.com/news/in-pictures-39353541

British Council. (2018, October 10). The History of Graffiti. Retrieved from British Council : https://learnenglishteens.britishcouncil.org/skills/reading/b2-reading/history-graffiti

Carollina, D. (2017). Pemanfaatan Sampah Spraycan sebagai Katalog Pameran "Voice of Wall 6 Hours Exhibition". Bahasa Rupa, 1(1), 35-42. doi:https://dx.doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i1.145

Cenadi, C. S. (1999). Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.9744/nirmana.1.1.

Duboski, M. (2020, August 31). The Legend of Cornbread. Retrieved from Duboski Art Collaborative : https://duboskiartcollab.com/blogs/news/the-legend-of-cornbread-if-you-don-t-know-now-you-know

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33-54. doi:10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54

Fields, L. (2021, February 25). 5 interesting facts about Jean-Michel Basquiat. Retrieved from American Masters: https://www.pbs.org/wnet/americanmasters/5-interesting-facts-about-jean-michel-basquiat/17318/

Gray, S. (2015, March 20). 20th Century Graffiti - The Rise of Graffiti Art. Retrieved from Widewalls: https://www.widewalls.ch/magazine/20th-century-the-rise-of-graffiti

Hughes, M. L. (2009). Street Art & Graffiti Art: Developing an Understanding. Georgia State University. Georgia: Georgia State University. Retrieved from http://scholarworks.gsu.edu/art_design_theses?utm_source=scholarworks.gsu.edu%2Fart_design_theses%2F50&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages

Kennedy, R. (2011, July 22). Celebrating Forefather of Graffiti. Retrieved from The New York Times: https://www.nytimes.com/2011/07/23/arts/design/early-graffiti-artist-taki-183-still-lives.html

Koolspotz. (2023, October 31). Koolmagz. Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia. Retrieved from https://www.instagram.com/p/CzDlV3CR052/

Kordic, A. (2015, December 12). What is The Meaning Behind the New Banksy Piece in Calais? Retrieved from Widewalls: https://www.widewalls.ch/magazine/banksy-steve-jobs-calais

Mancini, L. (2019). Graffiti as Gift: Street Art's Conseptual Emergence. Nuart Journal, 1, 30-35.

Maric, B. (2014, October 25). Art Rooted in Activism – Keith Haring. Retrieved from Widewalls: https://www.widewalls.ch/magazine/art-rooted-in-activism-keith-haring

McKinney, K. (2015). The Street: Reinventing Art for the 21st Century. Retrieved from Academia: https://www.academia.edu/11962381/The_Street_Reinventing_Art_for_the_21st_Century

Muck. (2017, December 1). Graffiti di Yogyakarta. (D. Carollina, Interviewer)

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Sjostrand, T., Lindblad, T., & Almqvist, B. (2014). Graffiti Cookbook. USA: SCB Distributors.

Taki183. (2015, June 29). The Legendary TAKI 183 on Tagging, The New York Times, the Wall on 207th Street, InstaFame Phantom Art, Graffiti and more. (L. Stavsky, Interviewer) Retrieved from https://streetartnyc.org/blog/2015/06/29/the-legendary-taki-183-on-tagging-the-new-york-times-the-wall-on-207th-street-instafame-phantom-art-graffiti-and-more/

Throwup. (2020, April 1). Skare. Retrieved from Throwup: https://www.throwup.it/en/artists/skare/

Vanderveen, G., & Eijk, G. v. (2016). Criminal but Beautiful: A Study on Graffiti and the Role of Value Judgments and Context in Perceiving Disorder. Eur J Crim Policy Res, 22, 107-125. doi:10.1007/s10610-015-9288-4

White, A. (2018). From Primitive to Integral: The Evolution of Graffiti Art. Journal of Conscious Evolution, 11(11), 1-13. Retrieved from https://digitalcommons.ciis.edu/cejournal/vol11/iss11/1

Yunus, P. P. (2020). Komunikasi Ekspresif Estetik Karya Seni. JCommsci, 3(2), 70-77. doi:http://dx.doi.org/10.29303/jcommsci.v3i2.77




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v6i2.4861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.