Pembelajaran Elemen Shape, Size, dan Color sebagai Properti Balance dalam Komposisi Visual Karya Desain Komunikasi Visual
Abstract
Mata kuliah Studio Desain Komunikasi Visual (DKV) 1 adalah mata kuliah yang mempelajari aspek formal dan persepsi visual dalam merancang karya DKV. Salah satu bentuk pembelajaran pada mata kuliah ini adalah membuat komposisi karya. Sehubungan dengan pengembangan mata kuliah ini, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan salah satu latihan yang sudah dilakukan. Pada latihan tersebut, mahasiswa dituntut untuk menerapkan elemen shape, size dan color sebagai properti balance dalam komposisi visual yang mereka buat. Karya-karya dari latihan ini diambil dan dibagi menjadi ke dalam kriteria baik, cukup, dan kurang yang kemudian dianalisa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini, dapat dilihat bahwa pemahaman mahasiswa sudah baik namun masih dapat ditingkatkan lagi dengan adanya pengembangan rubrik penilaian yang lebih detil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifianto, P. F. (2022). Pendidikan Desain Komunikasi Visual dalam Era Society 5.0. DeKaVe, 15(1), 37–45. https://doi.org/10.24821/dkv.v15i1.6167
Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.
Arnheim, R. (1955). Art and Visual Percetion, A Psychology Of The Creative Eye. https://doi.org/10.1007/bf02719925
Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions (4th ed.). Wadsworth Cengage Learning.
Muratovski, G. (2016). Research for Designers A Guide to Methods and Practive. SAGE Publications Ltd.
McNiff, Jean. (1992). Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.
Ramdhani, A., Hardian, R., & Priyono, D. (2020). Analisis Rekomendasi Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual ( DKV ) Berbasis Potensi. Jurnal Wacadesain, 34–47.
Sidhartani, S. (2010). Elemen Visual dan Prinsip Desain Sebagai Bahasa Visual untuk Menyampaikan Rasa. Deiksis, Vol. 2(02), 82–95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/396/699
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v6i1.4177
Refbacks
- There are currently no refbacks.