PERANCANGAN GAME HORROR SIDE SCROLLING BERTEMAKAN BONEKA ARWAH DENGAN JUDUL “PEDIOPHOBIA”
Abstract
Maraknya boneka arwah yaitu boneka berisikan arwah yang dirawat layaknya bayi manusia di dunia selebriti membuat orang ingin mencoba untuk ikut mengadopsi dan merawatnya. Selain dengan maraknya boneka arwah, perkembangan industri game Indonesia kalah bersaing dengan industri game asing sehingga dibutuhkan sebuah cara agar dapat menaikkan popularitas game Indonesia khususnya game side scrolling Indonesia. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dan menggunakan metode perancangan desain thinking oleh Christian Mueller-Roterberg pada bukunya mengenai “Handbook of Design Thinking”. Pengumpulan data yang dimaksud adalah dengan melakukan kuesioner, observasi dan studi ke perpustakaan. Penulis akan menyebarkan kuesioner kepada target yang dituju, melakukan observasi kepada orang – orang yang pernah mengadopsi boneka arwah dan studi ke perpustakaan sebagai teori yang digunakan dalam perancangan. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah perancangan game horror side scrolling dengan judul “Pediophobia” yang dibuat dalam bentuk demo. Game ini nantinya akan disebarkan melalui sebuah platform game Steam dan demo game dapat dicoba melalui event Comic Frontier 15 (comifuro15). Dalam membantu mengiklankan game ini, dibuatlah media pendukung seperti gimmick, poster (pra – event, event, pasca – event), web banner, x – banner, feeds dan story Instagram. Akhir dari perancangan ini, dapat disimpulkan bahwa diharapkan dengan adanya perancangan ini dapat membantu dalam mengupayakan perkembangan industri game Indonesia ke rana internasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung Pratnyawan. (2021). 7 Game Horor Buatan Indonesia Terseram, Bikin Bergidi. https://www.hitekno.com/games/2021/12/20/184316/7-game-horor-buatan-indonesia-terseram-bikin-bergidi
Cafasso, J. (2019). Pediophobia: Fear of Dolls. Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/pediophobia#:~:text=Pediophobia is a type of,that poses no actual threat.&text=Thinking about or seeing a,that the fear is irrational.
Corbuzier, D. (2022). WOI‼️ HANTU ATAU HALU⁉️WAKAKAKA - SPIRIT DOLL - Deddy Corbuzier Podcast. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=0W10LfYypUE
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (ed.); 1st ed.). Syakir Media Press. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Gustaman, Y. (2018). Pengalaman Mistis Kolektor Boneka Berarwah: Didatangi Lewat Mimpi Hingga Bergerak Sendiri. TribunJakarta.Com. https://jakarta.tribunnews.com/2018/12/03/pengalaman-mistis-kolektor-boneka-berarwah-didatangi-lewat-mimpi-hingga-bergerak-sendiri?page=all
Herlambang, H. (2020). Kenapa Film Horor Indonesia Disukai Banyak Orang? https://www.kincir.com/movie/cinema/film-indonesia-horor-laris-alasan-DG4bfA4aazvd
Indonesia, C. (2022). Mengenal Spirit Doll, Boneka Arwah yang Viral. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220103144439-277-741952/mengenal-spirit-doll-boneka-arwah-yang-viral
Matthew Barr & Alicia Copeland-Stewart. (2021). Playing Video GamesDuring the COVID-19Pandemic and Effects onPlayers’Well-Being. Games and Culture, 17(1), 122–139. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/15554120211017036
Mulachela, A., Rizki, K., & Wahyudin, Y. A. (2020). Analisis Perkembangan Industri Game di Indonesia Melalui Pendekatan Rantai Nilai Global (Global Value Chain). IJGD: Indonesian Journal of Global Discourse, 2(2), 32–51. http://ijgd.unram.ac.id/index.php/ijgd/article/view/17
Müller-roterberg, C. (2019). Christian Mueller-Roterberg Handbook of.
Wibowo, A. W. (2022). Viral Adopsi Boneka Arwah, Ini Pandangan Pemerhati Budaya UNS. INewsJateng.Id. https://jateng.inews.id/berita/viral-adopsi-boneka-arwah-ini-pandangan-pemerhati-budaya-uns
Wiguna, B. A. (2022). Banyak Diadopsi Artis, Apa Sebenarnya Boneka Arwah Itu? Tempo.Co. https://gaya.tempo.co/read/1546900/banyak-diadopsi-artis-apa-sebenarnya-boneka-arwah-itu/full&view=ok
Wijaya, C. (2021). Covid-19: “Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri”, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. BBC News. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502
Wikanto, A. (2022). Covid-19 Melonjak Lagi Di atas 1.300 Kasus, Ini Instruksi Jokowi. https://nasional.kontan.co.id/news/covid-19-melonjak-lagi-di-atas-1300-kasus-ini-instruksi-jokowi
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v6i1.3736
Refbacks
- There are currently no refbacks.