ANALISIS POSTER FILM “THE BOYS IN THE STRIPED PAJAMAS (2008)” MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Inne Chaysalina, Nadya Nadya

Abstract


Poster film sering digadang sebagai media promosi untuk mengkomunikasikan konflik/pokok cerita yang terkandung dalam suatu film. Berbagai elemen visual yang terkandung pada poster memiliki tanda. Tanda-tanda inilah yang nantinya akan memiliki makna yang akan coba disampaikan pada audiens. Ilmu yang mempelajari tentang tanda adalah semiotika. Dalam ilmu semiotika mempelajari teori tentang tanda dalam suatu konteks skenario, gambar, teks ataupun adegan dalam film yang dapat dimaknai. Dalam penelitian ini akan membahas analisis poster film “The Boys in the Striped Pajamas (2008)” menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa desain poster film “The Boys in the Striped Pajamas (2008)” sarat akan pesan yang berusaha mengungkapkan alur dan pokok cerita film tersebut yang akan didiskusikan dalam tulisan ini.

Kata Kunci: Media Komunikasi, Poster film, Semiotika Roland Barthes, Tanda Visual.


Full Text:

PDF

References


Barthes, R. (1968). Elements of Semiology. Publ. Hill & Wang, New York.

Budiman, Kris. (2004). Semiotika Visual. Yogyakarta : Buku Baik.

Bungin & Burhan. (2008). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Becker, Michael et al. (2020). Rethinking the Muselmann in Nazi Concentration Camps and Ghettos: History, Social Life, and Representation. Diakses di https://doi.org/10.1080/25785648.2020.1782067

Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta. Jalasutra.

Halldin, O. The History of Poster (n.d). National Library of Sweden.

Holliday, Laurel, editor. Children in the Holocaust and World War II: Their Secret Diaries. Diakses di https://encyclopedia.ushmm.org/content/en/article/childrens-diaries-during-the-holocaust

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain komunikasi Visual. Yogyakarta.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Littlejohn, S.W., dan Foss, K.A. (2005). Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), hlm: 125-138.

Nitisari, D (2020). “An Analysis Of Verbal And Non-Verbal Elements In Parasite Movie: A Semiotic Study”. Skripsi Universitas Gunadarma.

Pradopo, Rachmat Djoko. (1999). Semiotika: Teori, Metode dan Penerapannya dalam Pemaknaan Sastra. Humaniora No.10 Januari – April 1999.

Preminger, Alex dkk. (1974). Princeton Encyclopedia of Poetry and Poetics. New Jersey: Princeton University Press.

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Shalekhah, A’yun Nikmatun dan Martadi. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Poster Film Parasite Versi Negara Inggris. Jurnal Barik, Vol. 2. No. 1, Tahun 2021, 54-66.

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Tamara, J (2020). “Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef”. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences. Vol 3, No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v5i1.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.