PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI "INTERLAC PROBIOTIC" SUPLEMEN ANAK

Ratuyatbaku Rosalia, Henny Hidajat

Abstract


Pada usia dini, teruatma di bawah lima tahun perkembangan anak masih rentan dihinggapi berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang  sangat sering terjadi pada anak adalah kolik. Penyakit ini kerap menyerang perut balita, sehingga menyebabkan mereka selalu rewel dan resah. Oleh karena itu penting bagi orang tua dengan sigap mengetahui cara cepat penanganannya, salah satunya dengan memberikan suplemen yang tepat. Salah satu produk suplemen pencegah kolik untuk anak adalah “Interlac Probiotic”. Namun demikian, promosi untuk “Interlac Probiotic” masih dapat dikatakan kurang, terutama untuk promosi yang menggunakan media video. Padahal di masa kini, penggunaan media video dalam dunia advertising sudah menjadi andalan di industri modern ini, khususnya dalam media digital. Diharapkan dengan keberadaan iklan yang berbentuk video dapat memberikan dukungan bagi perusahaan untuk dapat mempromosikan produknya dan sebaliknya, masyarakat juga dapat memperoleh informasi untuk mengatasi kolik pada anak balita, terutama melalui suplemen ini.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu prototype video motion graphic sebagai media promosi “Interlac Probiotic”. Penelitian ini disusun dengna metode kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh melalui wawancara dengan perwakilan pihak distributor resmi, penyebaran kuesioner, observasi, serta menerapkan berbagai teori-teori dalam desain terutama motion graphic, sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak distributor “Interlac Probiotic”, maupun sebagai bahan kajian dan insprirasi bagi penelitian maupun perancangan motion graphic ataupun video editor untuk  media promosi yang serupa.


Keywords


motion graphics, promosi, “Interlac Probiotic”, kolik.

Full Text:

PDF

References


A Kusrianto. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Anggayani, CP. (2014), Perancangan Media Promosi Wisata Taman Narmada, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, vol 1, no. 4.

Bryony, Gomez-palacio & Armin Vit. (2009). Graphic Design Referenced: A Visual Guide to the Language, Applications, and History of Graphic Design. Massachusetts: Rockport Publishers.

Hendratman, H. (2017). Computer Graphic Design (H. Hendratman (ed.)).

Irawan, Bambang & Priscilla Tamara. (2013). Dasar-dasar Desain untuk Arsitektur, Interior-Arsitektur, Seni Rupa, Desain Produk Industri, dan Desain Komunikasi Visual . Jakarta : Griya Kreasi

Iskandar, Novantara, P & Sugiharto, (2014), Rancang Bangun Animasi Film Kartun Sejarah dan Kemajuan Universitas Kuningan sebagai Media Informasi dan Promosi Berbasis adobe Flash cs 3. Jurnal Penelitian Universitas Kuningan.

Izudin, Ikhsan, et.al. (2020). Daya Hambat Lactobacillus Reuteri Terhadap Escherichia Coli dan Staphylococcus Aureus Secara In Vitro. STIKES Rumah Sakit Anwar Medika 2 Departemen Biologi Farmasi, STIKES Rumah Sakit Anwar Medika

Kartinah, Eni. (2017, Desember 06). Lawan Diare dengan Probiotik Teruji. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/136036/lawan-diare-dengan-probiotik-teruji

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Moerdisuroso. (2019). “Social Semiotics and Visual Grammar: A Contemporary Approach to Visual Text Research”; Brittany Torrez, Cheryl Wakslak, and Elinor Amit, “Dynamic Distance: Use of Visual and Verbal Means of Communication as Social Signals,” Journal of Experimental Social Psychology 85, no. August 2018

Moreno, Laura. (2014). The Creation Process of 2D Animated Movies, 1st, p. 12

Oliff, Jamie & Angie Jones. (2007). Thinking Animation: Bridging the Gap Between 2D and CG. Couverture: Thomson Course Technology

Simon, Mark. (2003). Producing Independent 2D Character Animation-Making and Selling a Short Film . London UK: Focal Press Publishing

Siregar, A . (2007). Pengaruh Bauran Promosi Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ITMI Medan. Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, USU e -Repository, Medan.

Sufa, Faela. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penanyangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Permirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di sekitar Kampus Undip, Tembalan). Universitas Diponegoro.

Sukarno, I. S. (2014). Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit untuk Pemuda-Pemudi. Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain, p. 1.

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi

Yulandina, Aldilla. Condra antoni dan Ardiman firmanda. (2018). Optimalisasi Unsur Live Shoot dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam : Politeknik Negeri Batam. Journal of Digital Education, Communication, and Arts. e-ISSN : 2614-6916. Vol.1, No.1 : 3-4.

Ulfa, A 2013, Perancangan Media Promosi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri

Padang Berbasis Animasi', Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan

Seni, Universitas Negeri Padang, Padang

Unit Kerja Koordinasi Gastrohepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia. (2016). Rekomendasi Saluran Cerna Fungsional. Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://spesialis1.ika.fk.unair.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/Rekomendasi-Gangguan-Saluran-Cerna.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v5i1.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.