Perancangan Ulang Kemasan untuk UMKM Bakso Mamarus, Imario Premio, & Sistik Krezzz
Abstract
Sebagai bentuk dukungan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam masa pandemi COVID-19, Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengadakan program ‘Si Kreatif’ yang membuka kesempatan bagi UMKM untuk mendapatkan pengolahan desain kemasan. Pengolahan dan perancangan ulang desain kemasan dilakukan agar UMKM tersebut dapat memiliki kemasan yang terlihat lebih menarik dan juga menjual. UMKM yang terlibat dalam program ‘Si Kreatif’ pada bulan Agustus 2021 ini adalah Bakso Mamarus, Sambal Baby Cumi Imario Premio, dan Sistik Krezzz. Ketiga produk tersebut kemudian mendapatkan kemasan baru yang dirancang oleh tim penulis sebagai bagian dari program ‘Si Kreatif’. Artikel ini ingin menjelaskan proses perancangan yang dilakukan dan membahasnya dengan lebih mendalam dan metodologis. Penulis berharap artikel ini dapat menjadi referensi terhadap perancangan-perancangan kemasan yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambrose, G., & Harris, P. (2011). Packaging the Brand. https://doi.org/10.5040/9781350096516
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Info Singkat, XIII(10), 19–24. Retrieved from https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf
Claudy, J., Marcelline, S., Sherina, S., & Hananto, B. A. (2020). Perancangan Desain Identitas Visual dan Desain Kemasan pada Produk Minuman Teh Fermentasi (Studi Kasus: Bobucha). In B. A.
Hananto (Ed.), Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV) 2020 (pp. 614–623). Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/KOMA-DKV/article/view/3082
Dundes, A. (1984). Defining Identity Through Folklore (Abstract). Journal of Folklore Research, 21(2), 149–152. Retrieved from www.jstor.org/stable/3814550
Hananto, B. A. (2020a). Critical of Design Methodology as Design Education. International Conference on Multimedia, Architecture and Design, 1(October), 234–239. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/imade/article/view/370
Hananto, B. A. (2020b). Representasi Identitas Cilembu pada Desain Identitas Visual Es Krim UBIBU. Jurnal Desain, 7(2), 110–125. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/4460
Hananto, B. A. (2021). Studi “Trend Kekinian Packaging” Untuk Webinar Pelatihan UMKM. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2021, 9–15. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/534
Inilah Dukungan Pemerintah Agar UMKM Go Digital dan Go Global. (2021). Retrieved September 12, 2021, from Kominfo website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/36064/inilah-dukungan-pemerintah-agar-umkm-go-digital-dan-go-global/0/berita
Karjaluoto, E. (2013). The Design Method: A Philosophy and Process for Functional Visual Communication. San Francisco: New Riders Publishing.
Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions (4th ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.
Martin, B., & Hanington, B. (2012). Universal Methods of Design: 100 Ways to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, and Design Effective Solutions. Massachusetts: Rockport Publisher.
Oyserman, D., Elmore, K., & Smith, G. (2012). Self, Self-Concept, and Identity. In M. R. Leary & J. P. Tangney (Eds.), Handbook of Self and Identity (2nd ed., pp. 69–104). New York: The Guilford Press.
RCTI. (2021). PENTINGNYA SEBUAH KEMASAN UNTUK SEBUAH PRODUK | BRI PESTA RAKYAT SIMPEDES EPS 2. Retrieved September 12, 2021, from Youtube website: https://www.youtube.com/watch?v=49VgrX_3As8
Safitri, F. N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Retrieved March 3, 2021, from Kumparan.Com website: https://kumparan.com/faridanursafitri19/dampak-covid-19-terhadap-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-di-indonesia-1urxzc2LBXH/full
Sujanto, A. M. N., Hananto, B. A., Agatha, F., & Calvin, L. (2021). Perancangan Identitas Visual dan Desain Kemasan untuk Produk Kue Muffin Brand Crav’fin. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2021, 281–287. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/528
Therisnajaya, K. M., Karnadi, G., Suliang, J., & Hananto, B. A. (2020). Perancangan Identitas Visual dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Breotic). In B. A. Hananto (Ed.), Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV) 2020 (pp. 646–652). Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/KOMA-DKV/article/view/3085
Tiffany, & Hananto, B. A. (2020). Creative Thinking in a Design Process. International Proceeding Conference on Multimedia, Architecture & Design (IMADe), 246–252. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/imade/article/view/375
Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity (3rd Ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v4i2.2969
Refbacks
- There are currently no refbacks.