KOMIK STRIP DAN FENOMENA CLICKBAIT

Godham Eko Saputro, Toto Eko Haryadi

Abstract


Kemudahan dalam mengakses informasi berdampak positif sekaligus negatif bagi masyarakat. Informasi yang sangat banyak dan update dalam hitungan detik menyebabkan website dan sosial media menjadi tempat menyebarkan berita-berita yang tidak kredibel, salah satunya yaitu clickbait. Clickbait semakin masif dan membuat masyarakat menerima informasi yang tidak sesuai dengan judul yang ditampilkan. Hal ini muncul karena adanya keuntungan yang bisa diperoleh penyebar konten clickbait. Masalah ini perlu diberantas dengan cara melawan clickbait menggunakan media yang juga digunakan oleh penyebar clickbait, yaitu sosial media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendalami fenomena clickbait melalui proses observasi, studi literatur, serta pengalaman langsung peneliti saat mengakses berita clickbait. Analisis permasalahan menggunakan framing dengan memaparkan beberapa realita terpilih untuk menemukan statement sebagai dasar perancangan karya. Metode Design Thinking dipilih untuk mengembangkan komik strip sebagai media untuk memberikan informasi seputar fenomena clickbait. Komik strip dirancang menggunakan cerita humor agar mudah dipahami oleh target audiens. Melalui komik ini pula peneliti berharap agar praktisi maupun akademisi bidang desain komunikasi visual turut serta membantu memberantas clickbait agar masyarakat memperoleh informasi yang kredibel dan bermanfaat.
 
Kata Kunci: clickbait, design thinking, komik, strip

Full Text:

PDF

References


Buku

Eriyanto, 2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Jogjakarta: LKiS Group

Raco, J.R., 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Kharakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: GRASINDO

Ramdhan, H.E., 2015. Startupreneur: Menjadi Entrepreneur Startup. Jakarta: PenebarPlus

Internet

Deddy, Samuel. (2017). Rumus Bikin Judul yang Click Bait Tapi Tidak Menipu Pembaca. Artikel laman: https://digitalentrepreneur.id/rumus -judul-click-bait/. (Diakses 29 desember 2018).

Fahmi, Ichiro. (2017). Apa itu Clickbait Pengertian Penerapan dan Bahayanya. Artikel laman: https://www.sengedan.com/2017/04 /apa-itu-pengertian-clickbait.html. (Diakses 27 desember 2018).

Mohamad, Mira. (2018). Sejarah 'clickbait' yang mencetuskan perang antara Sepanyol dan Amerika. Artikel laman: https://iluminasi.com/bm/inilahasal-usul-clickbait-yang-telahmencetuskan-peperangan-antarasepanyol-danamerika.html?fbclid=IwAR20ZixA

LLONvwVeLNFEOtWGHNSLUL _c0kGxgWmwYc79nSeQyBccP6X2zc. (Diakses 4 januari 2019).

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma . (2018). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. Artikel laman: https://tekno.kompas.com/read/201 8/03/01/10340027/riset-ungkappola-pemakaian-medsos-orangindonesia. (Diakses 6 januari 2019).

Wargadiredja, Arzia Tivany. (2017). ClickUnbait Memerangi Judul Artikel Bombastis di Jagat Media Daring Kita. Artikel laman: https://www.vice.com/id_id/article/ a378mz/clickunbait-memerangijudul-artikel-bombastis-di-jagatmedia-daring-kita. (Diakses 4 januari 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v2i1.1528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.