ANALISIS ELEMEN VISUAL PADA DESAIN KEMASAN CHITATO RASA SAPI PANGGANG

Ika Resmika Andelina

Abstract


Kemasan merupakan salah satu faktor penting dalam industri produksi. Fenomena belanja modern juga menjadikan salah satu faktor kenapa sebuah kemasan menjadi penting. Dipengaruhi pula dengan gaya belanja self service menjadikan kemasan sebagai salah satu faktor penting dalam penjualan sebuah produk di berbagai macam kalangan. Salah satu pangsa pasar konsumen yang dianggap adalah remaja. Begitu banyak barang yang dikonsumsi oleh remaja dan makanan ringan berupa keripik kentang adalah salah satunya. Dari berbagai merek keripik kentang yang ada di pasaran, merek Chitato yang dipilih menjadi bahan penelitian. Merek ini dipilih karena merupakan merek yang dikenal luas. Produk sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Chitato rasa sapi panggang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis elemen-elemen desain yang terdapat di dalam suatu kemasan keripik kentang, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskirptif berdasarkan teori desain, terutama desain anatomi kemasan oleh Silayoi & Speece. 
 
Kata Kunci: Remaja, kemasan, Chitato, elemen desain, Silayoi & Speece.
 

Full Text:

PDF

References


Alfitri. 2007. Budaya Konsumerisme Masyarakat Perkotaan. Majalah Empirika Vol XI, No: 01.

Cullen, Kristin. 2007. Layout Workbook. USA: Rockport Publisher.

Danger, E.P. 1992. Memilih Warna Kemasan. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Lakoro, Rahmatsyam. 2006. Studi Komunikasi Visual Pada Kemasan Makanan Ringan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Nijdam, Niels A. Maping Emotion to Color. University of Twente, the Netherlands.

Pitasari, Justin Putri.; Ariastita, Putu Gde. 2012. Pola Perubahan Berbelanja Masyarakat Akibat Perubahan Pusat Perbelanjaan. Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1. 1-5.

Rustan, Surianto. 2014. Font & Tipografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

----------------------. 2009. Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

---------------------. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, Danton. 2015. Tiipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Silayoi, P., & Speece, M. 2004. Packaging and purchase decisions: An exploratory study on the impact of involvement level and time pressure. British Food Journal, 106 8, 607628.

------------------------------------. 2007 The importance of packaging attributes: a conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41 11/12, 1495-1517.

Tim Penyusun. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka

Wirya, Iwan. 1999. Kemasan Yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v2i1.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.