PERANCANGAN LOGO DAN IDENTITAS VISUAL UNTUK KOTA BOGO

Brian Alvin Hananto

Abstract


Sejak tahun 2014, Kota Bogor telah banyak menjalankan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan brandnya. Dengan berbagai acara dan pengembangan infrastruktur, Bogor telah berhasil menunjukkan bahwa dirinya mampu dibranding dengan baik. Dari observasi pada beberapa tempat di Bogor, dan juga meninjau dokumentasi dan publikasi untuk Kota Bogor, dapat disimpulkan bahwa brand touchpoints dari Kota Bogor kurang konsisten dan tidak merepresentasikan esensi dari identitas Kota Bogor. Kemudian, setelah dilakukan studi dan wawancara, maka disimpulkan bahwa Kota Bogor membutuhkan sebuah redesain terhadap brand identitynya, dan hal itu dimulai dari identitas visualnya. Kebutuhan akan identitas visual tersebut direspon dengan dua alternatif desain logo yang ditampilkan dalam tulisan ini. Kedua desain logo tersebut berusaha merepresentasikan nilai-nilai yang berbeda dengan pendekatan yang rasional dan kontemporer dalam mendesain sebuah logo. Walaupun proyek desain ini adalah proyek simulatif untuk keperluan tugas akhir mahasiswa, kedua desain logo tersebut dipresentasikan dan dievaluasi kepada beberapa staf pemerintah Kota Bogor; hasilnya adalah salah satu desain dipilih dan dinyatakan cukup representatif untuk dikembangkan lebih lanjut dan kemudian diimplementasikan kepada beberapa brand touchpoints. Pada akhirnya, tulisan ini mencoba untuk menunjukkan sebuah proses desain yang komprehensif dalam mendesain sebuah identitas visual untuk sebuah kota, dimulai dari riset, penggagasan ide, dan juga pembuatan visual desain.
 
Kata Kunci: Desain Logo, Identitas Visual, Branding Kota, Bogor

Full Text:

PDF

References


Adams, Sean & Noreen Morioka. Logo Design Workbook: a hands-on guide to creating logos. Massachusetts: Rockport, 2004.

Belloso, Juan Carlos. 2012. Building a Strong City Identity. https://www.globalrealestateexperts .com/2012/10/building-a-strongcity-identity/ (diakses pada 15 Februari 2017)

Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampeureun Jaga. Accessed on 2018 September 30. Available from: https://kotabogor.go.id/index.php/s how_post/detail/5322/dinu-kiwaringancik-nu-bihari-seja-ayeunasampeureun-jaga

Lambang Kota Bogor. Accessed on 2018 Oktober 1. Available from: https://kotabogor.go.id/index.php/p age/detail/8/lambang-kota-bogor

Lau F., Leung A. 2011. Chongqingg’s City Branding. In: Dinnie K. (eds) City Branding. London: Palgrave Macmillan, 2011.

Perbaiki Infrastruktur Dulu, Baru Perkuat Branding Kota Bogor. Accessed on 2018 September 30. Available fro: http://satpolpp.kotabogor.go.id/inde x.php/show_post/detail/4994/perbai ki-infrastruktur-dulu-baru-perkuatbranding-kotabogor#.W7DVB2gzYfQ

Visi Misi. Accessed on 2018 September 30. Available from: https://kotabogor.go.id/index.php/p age/detail/416/visi-misi

Wahyurini, Octaviyanti Dwi. The Significance of City Logo in City Branding Strategy. Recent Researches in Engineering Mechanics, Urban & Naval Transporation and Tourism. Cambridge: WSEAS Press, 2012.

Wheeler, Alina. Designing Brand Identity: an essential guide for the entire branding team. 3rd ed. New Jersey: John Wiley & Sons. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v2i1.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.