ANALISIS COVER ARTWORK ALBUM GIGI BAND

Yana Erlyana, Marsella Giovani

Abstract


Dimotivasi oleh panjangnya diskografi band GIGI, penelitian ini dibuat untuk menganalisis cover artwork dari keseluruhan catalog mereka. Penelitian ini menggunakan baik teori desain maupun teori lainnya yang berhubungan, dengan harapan hasil dari pembelajaran ini dapat berguna bagi desainer serta pebisnis yang hendak melakukan pekerjaan yang sama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menyajikan data deskriptif dari desain cover artwork dan informasinya yang berkesinambungan dengan teori serta literature yang digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk dari analisis dari setiap cover artwork album band GIGI yang masing-masing terdiri dari analisis ketertarikan visual dan tampilan praktis dari setiap karya.

 

Kata kunci: Cover, Artwork, GIGI, Album


Full Text:

PDF

References


Ambrose, G & Harris, P. (2005).Basics Design 04: Image.London: Thames & Hudson.

Eiseman, L. (2000). PANTONE Guide to Communicating with Color. Ohio: HOW Books.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Safanayong, Y. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia.

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Daftar Literatur Penunjang:

Desmedt, Nicole Everaert. (2011). Peirce’s Semiotics. Quebec: Rimouski Retrieve from http://www.signosemio.com/peirce/s emiotics.asp

Irv, Osterer. (1998, Mei 1). Recorded Music and Graphic Design Vol. 123, Issue 4, Pg. 18. Retrieve from http://eresources.perpusnas.go.id

www.gigibandofficial.com. diakses pada 22 Februari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v1i2.1411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.