RANCANGAN NORMALISASI STRUKTUR TABEL KEHADIRAN PADA DATABASE SISTEM MONITORING KEHADIRAN KARYAWAN UNIVERISTAS XYZ

Destriana Widyaningrum

Abstract


Universitas XYZ adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang bertempat di Jakarta. Sebagai penyelenggara pendidikan untuk dapat bersaing dengan universitas swasta lainnya, sangat penting memperhatikan kualitas layanan jasa. Salah satu faktor penting yang menunjang adalah kinerja tenaga pendidik dan pegawai pelaksana, yaitu aspek kedisiplinan dan kehadiran tepat waktu. Dalam meningkatkan kinerja karyawannya, identifikasi data kehadiran di Universitas XYZ menggunakan teknologi biometrik. Namun status absensi karyawan tidak terpantau oleh kepala departemen terkait, karena data abasensi karyawan baru diinformasikan setiap akhir bulan, sehingga pelanggaran tidak dapat ditindak lanjuti dengan segera.  Guna memberikan solusi dan kemudahan dalam pemantauan kinerja karyawan Universitas XYZ, dengan memanfatkan kemajuan teknologi informasi, berupa layanan SMS (Short Messaging Service) dan sinkronasi dengan data HRIS yang sudah ada. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana merancang struktur tabel kehadiran pada database SMS Gateway agar dapat sinkron dengan struktur tabel pada HRIS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan tiga tahapan kegiatan utama sebagai berikut, (1) tahap studi pendahulua, mencangkup análisis kebutuhan; (2) rancangan normalisasi struktur tabel database; (3) penyempurnaan model.

 

Kata Kunci: sinkronasi, database, kehadiran, sms gateway

Full Text:

PDF

References


Astawa, I Putu Putra. 2013. Identifikasi Lokasi Iris Mata Berbasis Tranformasi Hough dan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Eksplora Informatika Volume 3 Nomor 1.

Fathansyah. (1999), Basis Data. Informatika. Bandung.

Hartono, Jogiyanto. (1999), Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi, Yogyakarta.

Satriyantono, Toni. (2002), Tantangan Aplikasi Mobile Generasi 3 (3G). http://satriyantono.net.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research & Development. Jakarta : Alfhabeta

Waliyanto. 2000. Sistem Basis Data Analisis dan Pemodelan Data. Yogyakarta: J&J. Learning

Whitten, Jeffery L., Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman. (2004), Metode Desain dan Analisis Sistem, Andi, Yogyakarta.

Winarno, Bambang. (2007), SHORT MESSAGE SERVICE (SMS). http://bambangwinarno.multiply.com/journal/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.