PENERAPAN ALGORITMA PERCEPTRON PADA JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM PEMBAGIAN JURUSAN

Sonia Grania, Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Sering terjadinya kesalahan dalam melakukan penjurusan dikarenakan ada beberapa guru yang memberikan keputusan penjurusan secara subyektif merupakan latar belakang dibuatnya sistem penjurusan ini. Sistem penjurusan ini akan dirancang dengan menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Perceptron, dimana data penjurusan dari guru tersebut akan digunakan sebagai output dan akan dibandingkan dengan learn yang dihasilkan dari proses learning Perceptron. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan jaringan saraf tiruan algoritma perceptron pada sistem pembagian jurusan berdasarkan nilai.

Hasil yang dicapai adalah web yang dapat menghasilkan usulan penjurusan dengan menggunakan algoritma perceptron dan memiliki keakuratan sampai 98%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap sistem penjurusan dengan metode jaringan syaraf tiruan algoritma perceptron didapatkan kesimpulan bahwa algoritma perceptron cocok untuk diterapkan dalam sistem penjurusan.

 

Kata Kunci: Perceptron, Jaringan Syaraf Tiruan, Sistem Penjurusan

Full Text:

PDF

References


Connolly, T., & Begg, C. (2010), Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fifth Edition, Addison Wesley, United States of America.

Hermawan, Arief. (2006), Jaringan Syaraf Tiruan, Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.