ANALISIS SISTEM DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN SKEMA SNOWFLAKE PADA PDAM KOTA SALATIGA

Kristien Margi Suryaningrum

Abstract


Sebuah database yang besar, agar dapat menghasilkan informasi yang sangat bermanfaat sebagai anaisis suatu sistem, dapat diolah dan diintegrasikan menggunakan teknik data warehouse. Begitupula tidak jauh berbeda dengan data yang ada pada PDAM kota Salatiga.

Data warehouse merupakan teknologi yang terbangun atas himpunan konsep baru dan perangkat yang digunakan untuk mendukung aktivitas pekerja pengetahuan seperti manager, eksekutif dan analis sistem. Materi produk teknologi ini digunakan untuk perangkat pengambilan keputusan organisasi.

Diharapkan melalui sistem pengolahan database menggunakan teknik data warehouse dan skema snowflake ini, mampu membantu PDAM untuk membuat keputusan dan kebijakan yang terkait dengan segala sesuatu masalah yang terdapat di PDAM.

 

 Kata Kunci : data warehouse, skema snowflake, analisa

Full Text:

PDF

References


Kimball, Ralph., 1996. The Data Warehousing Toolkit. John Wiley

Gatziu S dan Athanasios V., 1999, Data Warehousing: Concepts and Mechanisms, Zürich : Zürich Oberassistentin am Institut für Informatik der Universität Zürich

Goil Sanjay dan Alok Choudhary, Evanston : High Performance OLAP and Data Mining on Center for Parallel and Distributed Computing, Northwestern University

Handojo, Andreas, 2004, Pembuatan Data Warehouse Pengukuran Kinerja Proses Belajar Mengajar Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Petra http://www.petra.ac.id / (diakses tanggal 7 Maret 2013)

Lin Song dan Donald E. Brown , 2002,Outlier-based Data Association: Combining OLAP and Data Mining, Virginia : Department of Systems Engineering, University of Virginia Charlottesville.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.