UJI COBA PERBEDAAN INTENSITAS PIKSEL TIAP PENGAMBILAN GAMBAR

Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Kebutuhan binarisasi objek citra untuk memisahkan objek yang akan dikenali pada visi komputer sangat diperlukan untuk menentukan piksel yang akan dijadikan hitam sebagai objek atau dijadikan putih sebagai latar belakang. Sehingga dapat dipisahkan antara objek citra dengan latar belakangnya.

Salah satu cara paling mudah untuk memisahan obyek dengan latar belakannya adala dengan membandingkan citra latar belakang tanpa obyek dengan citra yang berisi latar belakang dengan obyek. Piksel pada dua citra tersebut akan dibandingkan satu persatu dengan. Jika berbeda akan diberi nilai 0 dan jika sama akan diberi nilai 1, dalam format citra biner.

Nilai intensitas piksel pada citra dipengaruhi oleh pencahayaan. Perbedaan waktu dalam hitungan milidetik sangat berpengaruh pada nilai intensitas. Untuk membuktikan hal tersebut dilakukan penelitian dengan pencokan piksel terhadap beberapa citra latar belakang yang diambl secara berurutan dengan jarak hitungan perbedaan waktu pengambilan dalam milidetik.

Karena intensitas cahaya tiap mili detik yang berubah-ubah, maka akan didapatkan bahwa citra yang diambil pada lokasi yang sama dengan jarak waktu yang berbeda hanya beberapa mili detik akan menghasilkan citra yang tidak polos putih, tetapi menghasilkan citra biner yang mempunyai banyak bercak. Dalam hal ini disimpulkan bahwa pencocokan piksel antara dua citra yang berisi latar belakang saja dan citra yang berisi latar belakang dan obyek tidak dapat dilakukan tanpa bantuan proses lainnya.

 

Kata Kunci: binarisasi, pencocokan piksel, intensitas piksel

Full Text:

PDF

References


Low, Adrian., Introductory Computer Vision and Image Processing, McGraw-Hill, Berkshire, UK, 1991.

Hendrik, Penerapan Fitur Matriks Populasi Piksel Untuk Pendeteksian Status Parkir Mobil, Skripsi S1, Universitas Bunda Mulia, Jakarta, 2014. (Tidak dipublikasikan)

Mulyana, Teady MS., Penggunaan Nilai Skala Keabuan dari Citra Watermark sebagai Cetak Biru Dari Visible Watermarking, Proceeding Seminar Nasional Informatika 2013, 18 Mei 2013, UPN Yogyakarta

Mulyana, Teady M.S., Christy, Beatrix., Ricaldo, Richo., Dokumentasi percobaan perbedaan pencahayaan citra., Universitas Bunda Mulia, jakarta. 2014. (tidak dipublikasikan)

Nobuyuki, Otsu., A Tlreshold Selection Method from Gray-Level Histograms, IEEE TRANSACTIONS ON SYSTEMS, MAN, AND CYBERNETICS, VOL. SMC-9, NO. 1, JANUARY 1979

Sutoyo, T., mulyanto, E., Suhatono V., Nurhayanti OD., Wijanarto., Teori Pengolahan Citra Digital, Andi Offset, Yogyakarta, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.