APLIKASI POLA BATIK MENGGUNAKAN METODE FRAKTAL DAN ALGORITMA LINGKARAN 8 WAY SIMETRIS

Angga Prastyo, Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Lingkaran merupakan pola dasar sebuah gambar. Pola – pola lingkaran tersebut ternyata bisa dibentuk secara matematis melalui geometri fraktal. Pola lingkaran yang diterapkan dalam rumus fraktal dapat menghasilkan pola lingkaran baru yang sangat beragam.

Metode fraktal diterapkan dalam pola lingkaran karena konsep fraktal dapat menghasilkan kesamaan pola pada semua skala. Keberagaman pola fraktal dapat dilihat dari grafis, warna, ukuran, dan coraknya.

Penerapan metode fraktal pada pola lingkaran dapat memecahkan masalah keterbatasan motif lingkaran. Sehingga motif yang dihasilkan semakin banyak , mulai dari yang sederhana sampai bentuk yang unik.

Pola lingkaran telah menghasilkan motif–motif yang banyak dan beraneka ragam. Corak yang dihasilkan akan membentuk pola fraktal bahkan gradasi warna yang digunakan akan membuat corak dan pola yang dihasilkan akan lebih indah.  Dengan adanya motif – motif baru, maka dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah pola yang lebih banyak lagi dan diterapkan dalam pola batik. Indonesia terkenal dengan batik tulisnya yang indah serta motif yang unik dan berbeda satu sama lain. Teknologi komputer saat ini akan membantu menghasilkan pola – pola batik yang baru dan lebih beragam. Selain itu dengan adanya pola lingkaran berbasis fraktal akan membuat pola batik menjadi lebih beragam dan indah.

 

Kata Kunci : Batik, Fraktal, Pola Lingkaran

Full Text:

PDF

References


Fadlisyah dan Nurlaila, Muthmainnah.2007.Pengantar Grafika Komputer.Yogyakarta: ANDI.

Fuad DR, Muhammad. 2006. Modul Praktikum Grafika Komputer 2D. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Musman,Asti dan Ambar,B.Arini. 2011. Batik-Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: ANDI.

Romadhon, Angga Prasetio dan Murinto. 2013. Media Pembelajar Proses Rendering Objek Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Rudi Cahyono, Gunawan. 2009. Modul Praktikum Pemrograman Berorientasi Object (PBO-1) Delphi. Banjarbaru: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer.

University of Washington. 2013. Shneiderman's "Eight Golden Rules of Interface Design". http://faculty.washington.edu/jtenenbg/courses/360/f04/sessions/schneidermanGoldenRules.html, (diakses 21 Januari 2014)

Update Tekno. 2014. Sejarah Borland Delphi 7. http://updatekno.blogspot.com/2013/05/pengertian-sejarah-dan-kegunaan-deplhi-7.html , (diakses 10 Januari 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.