STEGANOGRAFI DENGAN DERET UNTUK MENGACAK POLA PENEMPATAN PADA RGB

Renddy Renddy, Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Perkembangan teknologi diseluruh dunia mengakibatkan tidak terjaminnya keamanan, sehingga harus ada sebuah sistem yang dibuat untuk meminimalisir ketidakamanan sebuah data melalui media internet. Maka aplikasi steganografi membantu untuk menyamarkan sebuah data dalam sebuah gambar.

Steganografi merupakan metode untuk menyembunyikan pesan didalam media digital sedemikian rupa sehingga orang lain tidak menyadari ada suatu pesan didalam media tersebut.

Untuk meningkatkan  kerahasian data dalam steganografi,ditambahkan modus yang didapat dari selisih nilai kunci dan jumlah bit karakter sehingga didapat permutasi dari nilai RGB yang bervariasi.

Penggunaan kunci dapat meningkatkan penyembunyian data, karena semakin tinggi nilai maka variasi modus yang didapat semakin acak atau rumit.

 

Kata kunci: Steganografi, RGB, kunci, bit

Full Text:

PDF

References


Ariyus. Donny, Kriptografi, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006

Mulyana. Teady M.S., Kajian Penerapan Operasi Bitwise pada Steganografi, Jurnal Teknologi Informasi, vol 9, pp 18-23., 2013

Renddy, Steganografi Dengan Deret Untuk Mengacak Pola Penempatan Pada RGB, Skripsi S1, Universitas Bunda Mulia, Jakarta., 2014

Sutoyo, T., mulyanto, E., Suhatono V., Nurhayanti OD., Wijanarto., Teori Pengolahan Digital, Andi Offset, Semarang, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.