Fitur Matriks Populasi Piksel Untuk Membedakan Frame-frame Dalam Deteksi Gerakan

Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Pengenalan gerakan tangan secara optis harus mengidentifikasi apakah suatu gerakan sedang dalam fase bergerak atau sudah mencapai status yang sudah fix. Pada proses ini diperlukan suatu fitur yang mampu menjadi penciri sebuah frame dengan frame lainnya

Matriks Populasi Piksel merupakan sekumpulan fitur dalam bentuk sel-sel matrik yang masing-masing berisi populasi piksel hitam berbanding jumlah piksel sel matriks populasi piksel pada citra. Fitur-fitur ini nantinya akan dihitung jarak antara sebuah frame dengan frame lainnya.

Sebagai bagian dari computer vision, gerakan tangan ini dapat diproses dengan menggunakan pengukuran jarak dengan L1-metric untuk mendapatkan perbedaan antara frame yang satu dengan frame lainnya berdasarkan tracehold yang diberikan.

Proses ini hanya akan menemukan perbedaan antara akan memerlukan bantuan teknik lain yaitu penggunaan stack. Tetapi untuk membedakan frame yang satu dengan frame yang lain sudah cukup memadai.

 

Kata Kunci: matriks populasi piksel, L1-metric, membedakan frame


Full Text:

PDF

References


J, Simarmata dan T. Chandra, “Grafika Komputer”, Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Low, Adrian., Introductory Computer Vision and Image Processing, McGraw-Hill, Berkshire, UK, 1991.

Lu, Guojun., Multimedia Database Management Systems, Artech House, London, 1999.

Mulyana, Teady Matius Surya., Penggunaan Matriks Populasi Pixel Dan Relational Database Untuk Mengenali Huruf Kanji Dan Radikalnya, Masters Thesis, Computer Science Study Program, Gadjah Mada University, 2006.

Mulyana, Teady Matius Surya., & Harjoko, Agus., “A Chinese Character Recognition Method Based On Population Matrix and Relational Database”, Proceeding of Information & Communication Technology Seminar, IEEE (P518-523), 2006.

Mulyana, Teady Matius Surya., Pengenalan Gerakan Tangan Secara Optis, Laporan Penelitian, Universitas Bunda Mulia, Jakarta, 2013.

Sutoyo, T., mulyanto, E., Suhatono V., Nurhayanti OD., Wijanarto., Teori Pengolahan Digital, Andi Offset, Yogyakarta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.