IMPLEMENTASI TCP/IP UNTUK MEMBUAT SERVER DATABASE ACCESS

Yones Raven, Teady Matius Surya Mulyana

Abstract


Database Access adalah salah satu perangkat lunak yang didesain untuk membantu  memelihara dan memanfaatkan kumpulan data yang cukup besar. Tetapi ada suatu kekurangan pada perangkat lunak ini, yaitu database access tidak dapat menjadi database server. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan database access dapat menjadi server database access dengan cara mengimplemetasikan TCP/IP.

Socket adalah suatu abstraksi yang mana aplikasi dapat mengirim dan menerima data sama halnya dengan membuka suatu file untuk dibaca dan ditulis pada tempat penyimpanan file. Connection-oriented Protocol adalah protokol yang dapat mengirim data stream setelah terjadi koneksi dengan target. TCP/IP merupakan salah satu protokol yang memanfaatkan connection-oriented.

Dengan mengimplementasikan TCP/IP, database access dapat menjadi database server dimana aplikasi server dapat menerima permintaan dari aplikasi client yang akan dieksekusi ke database access dan mengirim hasil proses tersebut ke aplikasi client. Hasil penelitian ini adalah aplikasi yang dibuat dengan mengimplementasikan TCP/IP mampu membuat database access menjadi server database access.

Berdasarkan pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa TCP/IP layak sebagai sarana pengiriman data ke aplikasi lain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan dalam melakukan penelitian untuk TCP/IP dengan mengirim data, secara dasar data yang diterima berupa tipe data string sehingga dibutuhkan suatu method yang digunakan untuk mengkonversi tipe data yang diinginkan.

 

Kata Kunci : Database Access, aplikasi client, aplikasi server, TCP/IP, socket, database server


Full Text:

PDF

References


Hariyanto, Bambang (2010), Esensi – Esensi Bahasa Pemrograman Java, Informatika Bandung, Bandung.

Kurniawan, Agus (2011), Pemrograman Jaringan dengan JAVA, ANDI, Yogyakarta.

Kusrini (2007), Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data, ANDI, Yogyakarta.

Microsoft. 2014. Cara Berbagi Database Desktop Access. http://office.microsoft.com/id-id/access-help/cara-berbagi-database-desktop-access-HA102749577.aspx. 25 Oktober 2014(10:00).

Sadeli, Muhammad (2011), 7 Jam Belajar Interaktif Access 2010 untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang.

WartaWarga. 2012. Model Database Client-Server. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/model-database-client-server/. 26 Oktober 2014(14:00)..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.