IMPLEMENTASI MONITORING JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN DUDE

Adi Widodo

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan khususnya jaringan sangatlah pesat.. Oleh sebab itu dituntut adanya suatu system jaringan computer yang canggih. Dimana admin tidak bisa mengetahui kondisi setiap komputer user dan sistem pelayanan yang ada apakah dalam kondisi hidup atau mati. Display dan suara adalah teknologi untuk mengetahui kerusakan jaringan pada computer perusahaan. Implementasi sistem monitoring client jaringan computer menggunakan display dan suara sehingga memungkinkan system dapat mengirimkan laporan saat computer client atau service mati secara otomatis ke admin tanpa melibatkan user. Sebab itu peneliti mencoba untuk mengembangkan aplikasi The Dude monitoring jaringan dalam berbentuk display dan suara. Hasil yang didapatkan dari penggunaan aplikasi monitoring jaringan ini adalah memontoring service yang di lakukan Setiap host atau IP address, Jika benar terdeteksi adanya kesalahan jaringan, maka akan dikirimkan pemberitahuan kepada administrator jaringan, kemudian administrator jaringan akan dapat memperbaiki kerusakan jaringan.

 

Kata kunci : Jaringan, Monitoring, The Dude


Full Text:

PDF

References


Tambora , Andrew Zammit,2013,The Top 20,Free Network Monitoring And Analysis Tools for SysAdmins, (online), http://www.gfi.com/blog/the–top 20-free-network- Monitoring-And-Analysis-Tools–for–Sys–admins/

Wikipedia, 2013, Network Monitoring, http://id.wikipedia .org/wiki/Monitoring.

exforsysInc, 2007,.Network System, client,(online), http//www.exforsys.com/sevices/infrastructure.html

Wilson,Lin ,&Craske, 1999, Security Issues Involved in using a Client/server Network,BlogBrucelMckeown,(online) http://Networkkomperat-ingsystemd.blogspot.com /2013/01/security-issues-Involved-In-using.htm.

Jahanzaib, Syed, 2013, Network management Dude NMS. (online), http://aacable.wordpress.com/2011/12/13/monitoring-network-with-the-dude-pc-x86-or-mikrotik-npk-ver/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.