ANALISIS PERAWATAN MESIN HYDRAULIC PRESS GUNA MEMINIMALKAN KERUSAKAN DAN UNTUK MENGHITUNG BIAYA PERAWATAN ( STUDI KASUS : PT. ELANG JAGAD, SIDOARJO )

Ahmad Shifari Afandi, I Nyoman Lokajaya

Abstract


PT. Elang Jagad adalah produsen kompor gas yang berlokasi di Jl. Kubis Sugiono No. 53 RT.05 RW.02, Desa Ngingas, Kecamatan Waru Sidorojo. Ada lima mesin yang sering mogok, dengan Mesin Hidraulic Press mengalami downtime selama 4.700 menit. Studi ini bertujuan untuk membuat rencana perawatan Mesin Press Hidrolik dan mengidentifikasi pendekatan perawatan yang paling hemat biaya. Dengan memakai pendekatan Preventive Maintenance, penelitian ini memakai metodologi tersebut. Perhitungan kehandalan setiap komponen mesin Hidraulic Press menghasilkan tingkat keandalan 0,5 untuk komponen pompa hidrolik. Komponen reservoir tank punya tingkat keandalan 0,5, Komponen Control valve punya tingkat keandalan satu hari sebesar 0,48, Komponen Cylinder punya tingkat keandalan satu hari sebesar 0,56, Komponen Oil cooler punya tingkat keandalan satu hari sebesar 0,5, dan Konduktor komponen punya tingkat keandalan satu hari sebesar 0,5. Selain itu, interval perawatan ditentukan dengan metode Age Replacement, sebagai berikut: 59 hari untuk komponen hydraulic Pumps, 31 hari untuk komponen Reservior tank, 26 hari untuk komponen Controlvalve, 23 hari untuk komponen Cylinder, 28 hari untuk komponen Oil cooler, dan 28 hari untuk komponen Conductor. berlandaskan perhitungan, total biaya perawatan sebelum preventif dengan keandalan adalah Rp 13.140.000. Biaya perawatan sesudah perawatan preventif dengan keandalan adalah Rp 12.247.378,72. Dan diketahui ada selisih sebesar Rp 892.621,28 hasil perhitungan biaya sebelum dan sesudah perawatan preventif. PT. Pengeluaran Eagle Jagad bisa dikurangi akibat perhitungan yang dilaksanakan sesudah perawatan preventif dibandingkan dengan perhitungan yang dilaksanakan sebelum perawatan preventif.
Kata Kunci


Keywords


Mesin Hydraulic Press; Preventive Maintainance; Keandalan

Full Text:

PDF

References


HBD 1 dengan Metode REliability Centered Maintenance (RCM) di Merari, A. D. (2017). Perencanaan Interval Perawatan Mesin Blow Moulding Type Perusahaan Manufaktur Plastik.

Moubray, J. (1997). Reliability centered Maintenance. New York: Industrial Press Inc. Nur Aziza, W. A. (2019). Penjadwalan Penggantian Komponen Mesin Press Selang Hidrolik di CV RHODA JAYA. Patrick. (2001). Facilitating health behaviour change and its maintenance. Patton, J. (1995). Preventive Maintenance. Tampubolon, S. (2016). Pengembangan Kebijakan Perawatan Pada Mesin Manugraph Dengan memakai Metode Reliability Centered Mainte-nance Ii(rcm Ii) Dan Risk Based Maintenance (rbm) Di Pt ABC. eproceedings of Engineering . Tarigan, Z. &. (2013). Dampak kompetensi key user ERP pada kinerja inovasi dan kinerja kualitas guna meningkatkan kinerja organisasi. Vergiawan, S. (2015). Usulan perbaikan Interval waktu penggantian Komponen kritis pada mesin conveyor dengan meggunakan Metode Age Replacement di PT Sumber Dujantin.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v16i2.4760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.