ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI DI GUDANG GRAHA FAMILY B-12 SURABAYA (DI PT. SUMBERTAMAN KERAMIKA INDUSTRI)

Ilham Yudhistira, Hery Murnawan

Abstract


PT. Sumbertaman Keramika industri merupakan salah satu dari sedikit perusahan yang masih melakukan proses produksi di belakang. Beberapa teknik dan teknologi terkini telah membantu, PT. Sumbertaman Keramika industri menjadi salah satu produsen keramik paling aktif di Indonesia. Selama bertahun- tahun PT. Sumbertaman Keramika industri telah memproduksi keramik untuk pemakaian sehari-hari. PT. Sumbertaman Keramika industri berdiri sejak tahu 1948 sampai saat ini trisensa cramics berdiri 74 tahun, layanan tim kami akan melayani segala kusus dengan jumlah tertentu dengan anda memesan produkRute usulan hasil penelitian yang dapat dipilih dengan hasil presentase penghematan terbesar adalah model CVRP dengan metode matematis MILP menggunakan software lingo 13.0 hasil yang di dapat kan sebagai berikut.Untuk total biaya pengiriman keseluruan adalah Rp. 5.400.000, dapat menghemat jarak sebesar 14,79%, yaitu 500,5KM dan biaya penghematan sebessar 25% yaitu Rp. 1.800.000, dengan total waktu tempuh pengiriman durasi 600,6 menit. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah Hasil dari penelitan ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk memilih rute kendaraan yang dapat menghemat jarak dan biaya yang dikeluarkan.


Keywords


Rute Distribusi; Transportasi; Linear Programming

Full Text:

PDF

References


Bowersox, D. J. (2006). Manajemen Logistik 1 Integrasi Sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material. PT. Bumi Aksara.

Dr. Gugus Wijonarko, M. (2021). Logistic & Supply Chain Management Konsep Dasar dan Praktek.

Istantiningrum, M. (2010). Penentuan Rute Pengiriman Dan Penjadwalan Dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Studi Kasus pada PT. Sukanda Djaya Yogyakarta. Program Studi Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga.

Ricky Virona Martono. (2018). Manajemen Logistik.

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Toth, P., & Vigo, D. (2014). Vehicle Routing Problem, Methods, and Application.

Universitas Bologna, 467.

Wibisono. (2018). Logika Logistik. Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v16i1.4566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.