ANALISIS BEBAN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KELELAHAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS KERJA DI PT. ELANG JAGAD

Tasrikhut Tamam, Sajiyo Sajiyo

Abstract


PT. ELANG JAGAD adalah perusahaan metalworking yang memproduksi tungku kompor, kursi stenliss, dan produk produk lainnya Dalam semua jenis pekerjaan, beban kerja menjadi salah satu faktor yang  sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis beban kerja, tingkat kelelahan dan gangguan otot yang diterima oleh pekerja di PT.ELANG JAGAD. Diharapkan  penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar beban kerja  tingkat kelelahan dan gangguan otot yang diterima pekerja serta menunjukkan beban kerja, tingkat kelelahan dan gangguan otot yang paling tinggi yang diterima pekerja. Metode yang dipakai untuk menganalisa beban fisik adalah Cardivascular Load (CVL),. Sedangkan metode untuk menganalisa beban kerja mental menggunakan metode NASA-TLX, dan Analisia kelelahan kerja menggunakan kuesioner 30 item kelelahan dan gangguan otot menggunakan kuesioner Nordic Body Map. Berdasarkan Analisa beban kerja fisik yang paling besar diterima  Pekerja 1 dengan nilai % CVL sebanyak 61,31% Sedangkan pekerja yang mengalami beban kerja fisik paling ringan adalah Pekerja 6 dengan nilai % CVL sebanyak 34,27%. Hasil analisa beban kerja mental diperoleh hasil beban kerja mental paling besar dirasakan  oleh Pekerja 1 dengan skor 83 dan yang terendah yaitu pada Pekerja 6 dengan skor 54 masuk kategori sedang. Dan tingkat kelelahan tertinggi adalah Pekerja 2 dengan skor 70 dan terendah adalah pekerja 4 dengan skor 47 sedangkan tingkat risiko gangguan otot tertinggi dimiliki  pekerja 1 dengan skor dan terendah adalah pekerja 3 yang memiliki skor 24.


Keywords


Beban kerja; NASA-TLX; Cardivascular Load; Kelelahan Kerja; Nordic Body Map

Full Text:

PDF

References


Agatha, C. M. (2020). PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX PADA SOPIR ANGKUTAN UMUM DI KOTA MALANG.

Andarini, Y. (2017). Hubungan Stress Kerja dengan Kelelahan Subjektif Pada Tenaga Kerja Wanita Di Unit Weaving Loom Pt. X.

Astrand, P. d. (1977). Astrand, P.O dan K. Rodahl. Textbook of Work Physiology. Edisi 2nd. USA: McGrawHill Book Company.

Azzahra, R. F. (2019). KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI BANTEN 2017.

Chrisbianto, D. (2021). Analisa Beban Kerja Untuk Mengoptimalkan Kinerja Karyawan Di Divisi Galvanis PT.USAHA BAKTI PERKASA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v16i1.4565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.