ANALISIS KEBUTUHAN JUMLAH TENAGA KERJA GUNA MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UD. SUKRI DANA ABADI

Dwi Aji Pangestu, Asmungi Asmungi

Abstract


UD. Sukri Dana Abadi sering tidak memenuhi kebutuhan permintaan. Permintaan produk yang banyak dengan penggunaan waktu kerja yang tidak produktif akibat waktu delay pada saat melakukan proses pembuatan produk dan jumlah tenaga kerja yang kurang pada setiap jenis pekerjaan dalam pembuatan produk hal ini mengakibatkan produksi belum terpenuhi pada produk sapu ijuk, sapu sinar, dan sapu lantai air. Langkah – langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan ini antara lain metode pengukuran waktu kerja dengan jam henti dan metode work sampling digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan pada penggunaan waktu kerja dan penentuan jumlah tenaga kerja yang kurang optimal. Analisa dari perhitungan waktu kerja pada perakitan sapu adalah waktu yang digunakan dalam proses produksi dapat dikatakan sudah optimal karena dapat mempercepat waktu selama proses produksi berlangsung. Penentuan tenaga kerja didapatkan hasil penambahan tenaga kerja sebanyak 7 orang pada perakitan sapu ijuk, 4 orang pada perakitan sapu sinar, dan 2 orang pada perakitan sapu lantai air. Maka, jumlah keseluruhan pertambahan jumlah tenaga kerja pada proses perakitan produk sebanyak 13 orang. Namun, pada proses perakitan produk di bantu dengan tenaga kerja pembersihan ijuk sebanyak 4 orang dan tenaga kerja pengeringan ijuk sebanyak 5 orang. Jadi tenaga kerja pembantu perakitan sebelum penentuan jumlah tenaga kerja ditentukan sebanyak 9 orang. Maka total penentuan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebesar 13 – 9 = 4 orang. Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 4 orang.


Keywords


Pengukuran Waktu Kerja; Tenaga Kerja; Work Sampling

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. (2021). Pengukuran Waktu Kerja Untuk Menentukan Kapasitas Dan Kebutuhan Operator Dengan Final Assembly Di Perusahaan TRAFO PT.X.

Charles, E. (n.d.). Prosedure Pengukuran Kerja.

Hartati, R., & Zuriati, P. (2018). PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMALWORK SAMPLING DI PT PUPUK ISKANDAR MUDA PADA DEPARTEMEN TATA KELOLA DAN KEPATUHAN DENGAN METODE .

Niebel, B. W. (1998). Penentuan Waktu Standart Dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Pada Produksi Batik Cap. Ikm batik Saud Effendy. Laweyan Jurnal J@TI Undip, Vol VII No 3.

Sutalaksana dkk. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Institut Teknologi Bandung.

Vandira, S. (2020). Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Untuk Mengoptimalkan Output Produksi Cosmetic Di CV. AURAKU CEMERLANG COSMECEUTICAL.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v16i1.4563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.