Penerapan Metode Statistical Process Control dalam Mengendalikan Kualitas Injeksi Plastik Di MC 1

Wahyu Bagas Laksana, Atik Febriani

Abstract


PT. MJI adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur furniture plastik, proses injeksi plastik, dan impor komponen furniture. Sebelum didistribusikan kepada konsumen, produk tersebut dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap standar kualitas yang ditetapkan agar produk yang dikirimkan ke konsumen tidak mengalami kecacatan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada PT. MJI pada periode Oktober 2020, kecacatan sering terjadi pada MC 1 dengan 1321 unit produk cacat dari total keseluruhan produk cacat sebesar 6108 unit (21,63%). Total produksi keseluruhan yang dihasilkan sebesar 95873 unit dari total mesin yang beroperasi berjumlah 8 mesin dengan total produksi pada MC 1 sebesar 19917 unit (20,77%). Sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan kualitas produk agar dapat diketahui penyebab terjadinya masalah. Metode statistical process control merupakan alat pengendalian kualitas secara statistik yang menggunakan tujuh alat statistik utama sebagai alat bantu mengendalikan kualitas. Alat bantu statistik yang digunakan dalam penelitian yaitu check sheet, diagram pareto, peta kendali, dan fishbone diagram. Berdasarkan diagram pareto, jenis kecacatan produk sering terjadi pada hasil produk MC 1 adalah scrat dengan persentase 23,4%. Jenis cacat yang lain yang terjadi yaitu silver, banding, shot, dan weldine dengan persentase masing-masing sebesar 22,8%, 19,2%, 19,1%, dan 15,6%. Dengan menggunakan fishbone diagram diketahui penyebab terjadinya kecacatan yang terdiri dari faktor manusia, material, mesin dan metode. Berdasarkan faktor penyebab tersebut, didapatkan usulan perbaikan terhadap perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan meminimalkan kecacatan produk yang dihasilkan.

Keywords


check sheet, diagram pareto, fishbone diagram, kecacatan, statistical process control, qualiy control.

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Devani, V., & Wahyuni, F. (2016). Pengendalian Kualitas Kertas Dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 15(2), 87–93.

Gaspersz, V. (2003). Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. Gramedia Pustaka Utama.

Gracia, R., & Bakhtiar, A. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bakery Box Menggunakan Metode Statistical Process Control (Studi Kasus Pt. X). Industrial Engineering Online Journal, 6(1).

Heizer, J., & Render, B. (2006). Manajemen Operasi (7th ed.). Salemba Empat.

Meri, M., Irsan, & Wijaya, H. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produk SMS (Sumber Minuman Sehat) dengan Metode Statistical Process Control (SPC). Jurnal Teknologi, 7(1), 119–126.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) (2nd ed.). Ghalia Indonesia.

Refangga, M. A., Gusminto, E. B., & Musmedi, D. P. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan dengan Menggunakan Statistical Process Control (SPC) dan Kaizen Pada PT. Tujuh Impian Bersama Kabupaten Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 164. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i2.8678

Sidartawan, R. (2014). Analisa Pengendalian Proses Produksi Snack Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC). Rotor, 7(2). https://doi.org/10.3139/9781569905739.029

Yamit, Z. (2005). Manajemen Kualitas : Produk dan Jasa. Ekonisia.

Yudianto, Y., Parinduri, L., & Harahap, B. (2018). Penerapan Metode Statistical Process Control Dalam Mengendalikan Kualitas Kertas Bobbin (Studi Kasus : PT. Pusaka Prima Mandiri). Buletin Utama Teknik, 14(2), 106–111.

Yuri, M. Z., & Nurcahyo, R. (2013). TQM Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. PT. Index.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v14i2.2946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.