Analisis Kelayakan Investasi Workshop Pembuatan Spare Parts Mesin Industri dengan Menggunakan Metode Kriteria Investasi

Muhammad Kholil, Rahmat Aji Ramadhani

Abstract


Perkembangan industri jasa merupakan ladang usaha dan bisnis yang cukup memberikan profit besar asalkan di bangun dan di jalankan dengan analisis dan strategi bisnis yang tepat. PT.X adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri jasa pembuatan spare parts mesin industri. Output yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah jasa reparasi dan pembuatan spare parts mesin industri seperti roll conveyor, shaft, gear, punch number, dan lain sebagainya sesuai permintaan customer. Seperti kebanyakan jasa reparasi lainnya, kegiatan utama dalam bisnis proses dilakukan pada sebuah bengkel reparasi atau biasa disebut dengan Workshop Penelitian ini membahas mengenai analisis kelayakan investasi Workshop yang dilakukan oleh PT.X. Investasi Workshop berupa pembelian mesin produksi seperti mesin bubut, mesin miling, surface grinding, universal tools, dan sebagainya. Metode yang digunakan ini adalah Kriteria Investasi, sebagai salah satu alat untuk menentukan kelayakan investasi yang telah dilakukan dari sisi financial. Prinsip kriteria investasi adalah menghitung nilai Net Present Value, Internal Rate of Return, Payback Period, dan Benefit Cost Ratio. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai NPV sebesar Rp 99,292,491, IRR sebesar 27.903%, PP selama 2 tahun 6 bulan, dan BCR sebesar 1.321. Hasil Analisis diperoleh bahwa investasi workshop yang dilakukan PT.X berupa pembelian mesin produksi untuk menjalankan bisnis dinyatakan layak dilaksanakan dengan nilai NPV lebih besar dari 1 dan IRR lebih besar dari suku bunga yang dipakai (15%) dengan jangka waktu pengembalian modal (PP) lebih cepat dari umur investasi (5 tahun) dan nilai BCR lebih besar dari 1.

Keywords: Mesin Produksi, Kriteria Investasi, Spare Parts


Full Text:

PDF

References


Sungkar Zakiyah, Analisis Kelayakan Investasi Alat Angkut Raskin Menggunakan Metode Vehicle Routing Problem Algoritma Differential Evolution, Jurnal Teknik Industri, Juni 2011.

Nurcahyo Dwi Febry, Analisis Kelayakan Bisnis di PT. Pemuda Mandiri Sejahtera, Jurnal Teknik Industri, Juni 2011.

Ihwan Khairul, Studi Kelayakan Investasi Pabrik Asap Cair di Pulau Kijang, Kab. Inhil, Riau, Jurnal Teknik Industri, December 2011.

Afandi, Analisis Kelayakan Investasi Pengembangan Usaha Distribusi PT. Aneka Andalan Karya, Jurnal Fakultas Ekonomi, December 2011.

Kholil M., Modul Elearning 8 Kriteria Investasi, Universitas Mercubuana, Jakarta 2014.

Scarlata, Christopher and Mosey, Gail, May 2013, “Feasibility Study of Economics and Performance of Biopower at the Chanute Air Force Base in Rantoul, Illinois”. Technical report.

Ong, Tze San and Thum, Chun-Hau, February 2013, “Net Present Value and Payback Period for Building Integrated Photovoltaic Projects in Malaysia”.International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Volume 3, No.2.

Mehmood, Y. and Sabir, M, September 2011, “BENEFIT-COST RATIO ANALYSIS OF ORGANIC AND INORGANIC RICE CROP PRODUCTION; EVIDENCE FROM DISTRICT SHEIKHUPURA IN PUNJAB PAKISTAN”. Pakistan Journal of Science (Vol. 63 No. 3 September 2011).

Rymbai, D, June 2012, “Benefit-Cost Ratio Analysis of Pineapple Orchard in Meghalaya”. Indian Journal of Hill Farming 25(1):9-12

http://directory.umm.ac.id/Data%20Elmu/pdf/KRITERIA_PENILAIAN_INVESTASI_elmu.pdf

https://julrahmatiyalfajri.wordpress.com/2014/07/10/payback-period-dan-penjelasannya/

http://rimantho.blogspot.com/2010/01/definisi-studi-kelayakan.html

http://directory.umm.ac.id/Data%20Elmu/pdf/KRITERIA_PENILAIAN_INVESTASI_elmu.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v8i2.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.